Pilihan

Pertama dalam Sejarah! Erdogan dan Netanyahu Bertemu Langsung, Hubungan 2 Sekutu Makin Mesra? - inews

 

Pertama dalam Sejarah! Erdogan dan Netanyahu Bertemu Langsung, Hubungan 2 Sekutu Makin Mesra?

inews.id
September 19, 2023
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan PM Israel Benjamin Netanyahu bertemu untuk pertama kalinya secara langsung di Majelis Umum PBB, New York, AS, Selasa
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan PM Israel Benjamin Netanyahu bertemu untuk pertama kalinya secara langsung di Majelis Umum PBB, New York, AS, Selasa

NEW YORK, iNews.id – Presiden TurkiRecep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri IsraelBenjamin Netanyahu, bertemu untuk pertama kalinya secara langsung di Majelis Umum PBB, New York, AS, Selasa (19/9/2023 waktu setempat. Peristiwa itu menjadi tonggak sejarah besar bagi kedua negara yang sedang memulihkan hubungan tersebut.

Sebagai sekutu regional yang dekat, hubungan antara Israel dan Turki berlangsung tegang selama lebih dari satu dekade. Ankara mengusir duta besar Israel menyusul serangan zionis terhadap sebuah kapal yang memimpin armada pengangkut bantuan kemanusiaan ke Gaza, yang menewaskan 10 warga negara Turki.

Hubungan diplomatik kedua negara sempat dipulihkan pada 2016. Akan tetapi, dua tahun berselang, Ankara menarik para diplomatnya dari Israel dan mengusir para utusan Tel Aviv dari Turki, setelah pasukan Israel membunuh sejumlah warga Palestina yang ikut serta dalam protes di Jalur Gaza.

Pada Maret 2022, Presiden Israel Isaac Herzog berkunjung ke Turki. Lawatan kenegaraan itu diikuti dengan kunjungan menteri luar negeri Turki ke Israel, begitupun sebaliknya. Kegiatan saling kunjung itu membantu menghangatkan hubungan Ankara dan Tel Aviv setelah melewati ketegangan selama lebih dari satu dasawarsa.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Kantor Kepresidenan Turki lewat unggahan di platform X (Twitter) mengungkapkan, dalam pertemuan tahunan Majelis Umum PBB kali ini, Erdogan dan Netanyahu membahas topik politik, ekonomi, regional, serta masalah Israel-Palestina. Erdogan mengatakan kepada Netanyahu bahwa kedua negara dapat bekerja sama di bidang energi, teknologi, inovasi, kecerdasan buatan, serta keamanan siber, kata kepresidenan.

Dikatakan bahwa isu energi menjadi bidang utama untuk potensi kerja sama Turki dan Israel. “Dalam pertemuan tersebut, peluang kerja sama energi terutama di bidang eksplorasi, produksi dan perdagangan gas alam dibahas,” kata Menteri Energi Turki, Alparslan Bayraktar, yang ikut serta menemani Erdogan ke New York.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek