Pilihan

Puluhan Warga Girisubo Gunungkidul Keracunan Massal, 1 Bocah Tewas - inews

 

Puluhan Warga Girisubo Gunungkidul Keracunan Massal, 1 Bocah Tewas

By erfan erlin
yogya.inews.id
September 21, 2023
Petugas memeriksa kondisi warga yang mengalami keracunan massal.
Petugas memeriksa kondisi warga yang mengalami keracunan massal.

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Puluhan warga Kalurahan Jerukwudel, Kapanewon Girisubo, Gunungkidul mengalami keracunan massal usai menyantap nasi kotak. Akibat kejadian itu, satu bocah meninggal dunia. Sedangkan puluhan warga lainnya harus menjalani perawatan di puskesmas dan rumah sakit.

Mayoritas korban mengalami diare dan muntah-muntah usai menyantap nasi kotak dari katering dalam pelatihan entrepreneur UMKM yang digelar Dinas Koperasi UKM DIY di Balai Kalurahan Jerukwudel.

Panewu Girisubo, Slamet Winarno menuturkan, kronologi keracunan massal berawal ketika sekitar 20an orang menyantap makanan yang dibagikan dalam acara pelatihan Enterprenuer dari Dinas Koperasi dan UKM DIY, Selasa (19/9/2023). Makanan tersebut berasal dari sebuah usaha katering setempat.

Makanan tersebut dibagikan setelah acara hendak selesai. Sehingga ada peserta yang menikmati di lokasi pelatihan namun ada yang membawanya pulang.

“Selang beberapa jam kemudian, atau Selasa malam, mereka mengalami mual dan muntah,” katanya, Kamis (21/9/2023).

Salah satu yang menyantap makanan tersebut adalah Naira Abelia Azzahra, bocah berumur 10 tahun warga Dusun Dompol Kalurahan Jerukwudel. Selasa malam, usai menyantap makanan katering tersebut Naira mengalami mual dan muntah.

"Menjelang tengah malam, kondisi Naira dianggap membaik usai diberi minyak," ujarnya.

Namun, kondisi Naira kembali mual dan muntah keesokan harinya. Karena kondisinya tidak berangsur membaik, Rabu (20/9/2023) siang sekitar pukul 12.00 WIB, bocah tersebut dibawa ke UGD Puskesmas Girisubo. Petugas puskesmas langsung memberikan perawatan intensif

“Setelah dilakukan perawatan di IGD, pasien disarankan untuk dirujuk ke RS terdekat yaitu RS Maguhan Husada Pracimantoro Jawa Tengah. Namun, di tengah perjalanan pasien meninggal dunia,” kata Winarno.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek