Rusia Beri Penghargaan Tentara yang Pertama Kali Pakai Rudal Kinzhal dalam Perang Ukraina - inews

 

Rusia Beri Penghargaan Tentara yang Pertama Kali Pakai Rudal Kinzhal dalam Perang Ukraina

By Ahmad Islamy Jamil
inews.id
September 4, 2023

MOSKOW, iNews.id – Rusia memberikan penghargaan kepada awak pesawat tempurnya yang pertama kali menggunakan rudal hipersonik Kinzhal dalam operasi militer di Ukraina. Hal itu terungkap lewat laporan kantor berita TASS pada Senin (4/9/2023).

“Pesawat Su-34 menggunakan rudal hipersonik Kinzhal selama operasi militer khusus. Kru pertama yang berhasil menyelesaikan tugas ini dianugerahi penghargaan negara,” ungkap TASS dengan mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai “operasi militer khusus”. Sementara Kiev dan sekutunya di Barat menganggap agresi Rusia yang sudah berlangsung selama 18 bulan itu perang yang tidak beralasan untuk merebut wilayah Ukraina.

Sejauh ini, Moskow tidak banyak berbicara tentang Kinzhal, rudal balistik yang diluncurkan dari udara. Akan tetapi, militer Ukraina mengatakan Rusia sering menggunakan senjata tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Jet tempur MiG-31 milik Rusia terbang sambil membawa rudal hipersonik Kinzhal
Jet tempur MiG-31 milik Rusia terbang sambil membawa rudal hipersonik Kinzhal

TASS tidak menyebutkan kapan Rusia menggunakan rudal Kinzhal untuk pertama kalinya di Ukraina. Pada Maret lalu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, rudal-rudal tersebut telah dikerahkan untuk menghancurkan berbagai sasaran militer Ukraina.

Kinzhal adalah salah satu dari enam senjata generasi baru yang disinggung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam pidatonya pada Maret 2018.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek