Siap Amankan Pemilu, Polres Wonosobo Gelar Sispamkota By BeritaSatu.

 

Siap Amankan Pemilu, Polres Wonosobo Gelar Sispamkota

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Polres Wonosobo, Jawa Tengah menggelar latihan sistem pengamanan kota
Polres Wonosobo, Jawa Tengah menggelar latihan sistem pengamanan kota

Wonosobo, Beritasatu.com - Untuk menjaga kondisi keamanan yang kondusif dan memastikan kesiapan personel pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Kepolisian Resor (Polres) Wonosobo, Jawa Tengah menggelar latihan sistem pengamanan kota (sispamkota) di Alun-alun Wonosobo Senin (25/9/2023). Pelatihan ini menggambarkan situasi yang mencekam. Salah satu massa pendukung calon anggota legistalif tidak terima dan melakukan aksi protes yang anarkis.

Kepala Resor Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyopuspito mengatakan, pelatihan sispamkota ini perlu dilakukan mengingat indeks kerawanan pemilu di Kabupaten Wonosobo tinggi, yakni peringkat 46 dari kabupaten/kota di Indonesia dan masuk peringkat 5 di Jateng.

"Pemilu untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bukan memecah belah persatuan dan kesatuan. Dengan kondisi indeks kerawanan pemilu (IKP) di Kabupaten Wonosobo yang tinggi, pemda, TNI, Polri di kabupaten Wonosobo beserta masyarakat mampu melaksanakan pemilu yang aman dan damai," katanya.

Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 300 personel gabungan dari polres, TNI, pemadam kebakaran, dishub, polisi pamong praja, dan dinkes. Mereka menyimulasikan situasi kaos, massa melakukan aksi protes kepada penyelenggara pemilu dan bentrok kepada petugas. Selain itu, massa juga melakukan aksi anarkistis dengan menjarah dan membakar sebuah toko. Dengan menggunakan kendaraan taktis water cannon, anjing K9 dan sejumlah personel lainnya, massa dapat dipukul mundur dan kondisi berangsur kondusif.

"Sispamkota ini adalah salah satu peta politik kita untuk menciptakan pemilu yang aman dan kondusif," kata Eko.

Melalui sispamkota bisa dilihat tahapan-tahapan tindakan kepolisian yang dilakukan dalam pengamanan terhadap konflik sosial yang ada. "Kami beserta bupati dan forkopimda yang lain dan masyarakat Wonosobo kami yakin mampu melaksanakan pemilu yang aman tertib dan damai," tambah Eko.

Sementara itu, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat sangat mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan dengan pelatihan ini Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan aman dan kondusif, tidak ada berita hoaks.

"Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesiapsiagaan Polres Wonosobo bersinergi dengan TNI dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk mewujudkan Wonosobo yang aman tertib menyambut tahun politik tahun 2024 situasi dan kondisi Wonosobo harus tercipta," katanya.

Diharapkan dengan adanya simulasi sispamkota ini mampu menambah wawasan masyarakat agar tercipta suasana pemilu yang aman, nyaman dan damai.

Baca Juga

Komentar