Sudah Aman, Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka By BeritaSatu

 

Sudah Aman, Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 18, 2023
Dirjen KSDAE Satyawan Pudyatmoko saat meninjau lahan bekas kebakaran yang menghanguskan 504 hektare di kawasan Bukit Watangan atau Teletubbies Gunung Bromo.
Dirjen KSDAE Satyawan Pudyatmoko saat meninjau lahan bekas kebakaran yang menghanguskan 504 hektare di kawasan Bukit Watangan atau Teletubbies Gunung Bromo.

Malang, Beritasatu.com - Akses wisata ke Gunung Bromo kembali dibuka mulai Selasa (19/9/2023) besok. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menilai jalur wisata menuju ke Gunung Bromo dipastikan aman sehingga wisata kawasan konservasi tersebut bisa kembali dibuka untuk pengunjung.

Wisata ke Gunung Bromo sempat ditutup setelah kebakaran yang melanda sejak 10 September 2023 dipicu cerawat atau flare rombongan pengantin prewedding. Kebakaran baru berhasil dipadamkan pada Jumat 15 September 2023. Dampak dari kebakaran tersebut membuat lahan seluas 504 hektare hangus terbakar.

Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani menjelaskan pembukaan dilakukan per Selasa 19 September pukul 00.01 WIB berlaku disemua pintu masuk. Baik pintu masuk Coban Trisula (Malang), Wonokitri (Pasuruan), Cemorolawang (Probolinggo) dan Senduro (Lumajang).

"Selain ke kawasan Gunung Bromo, akses wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga dibuka untuk pengunjung. Namun, untuk jalur pendakian Gunung Semeru tetap ditutup karena aktivitas gunung berapi masih berstatus level III Siaga. Diimbau pengunjung mematuhi seluruh aturan dan prosedur dan larangan yang berlaku mengingat potensi terjadinya karhutla di musim kemarau masih tinggi," ujar Septi Eka di Malang, Senin (18/9/2023).

Dia mengimbau pengunjung tidak membawa peralatan yang bisa memicu timbulnya api dan meluas menjadi kebakaran hutan seperti api unggun, perapian, kembang api, petasan, dan flare.

"Semua berperan mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama,'' imbaunya.

Lebih lanjut, untuk informasi pembelian tiket masuk dapat dibeli online. "Petugas tidak melayani pembelian tiket secara offline atau langsung di seluruh pintu masuk,'' pungkasnya.

Baca Juga

Komentar