Pilihan

Terpantau Warga Penampakan Buaya di Sungai Nginden Surabaya, BPBD Pasang Rambu Peringatan | Garuda News 24

 

Terpantau Warga Penampakan Buaya di Sungai Nginden Surabaya, BPBD Pasang Rambu Peringatan | Garuda News 24

Terpantau Warga Penampakan Buaya di Sungai Nginden Surabaya, BPBD Pasang Rambu Peringatan
152
SAHAM
Hal itu didasarkan pada laporan yang masuk pada Sabtu (2/9) lalu, yaitu kemunculan buaya muara di sungai tersebut.
Kepala BPBD Kota Surabaya Laksita Rini Sevriani telah memasang rambu peringatan bertuliskan, “Awas, ada buaya!”
Rambu tersebut menjadi peringatan warga yang beraktivitas di sekitar bantaran Sungai Nginden sisi timur jembatan.
“Ini langkah lanjutan atas laporan kemunculan buaya muara beberapa hari lalu,” ujar Laksita, Rabu (13/9) seperti dikutip dari Radar Surabaya.
Buaya muara sepanjang 1,5 meter itu sempat timbul-tenggelam. Kondisi itulah yang membuat BPBD Surabaya dan Command Center Kota Surabaya bekerja ekstra, sehingga pemasangan plakat peringatan itu butuh waktu. 
“Setelah kita lakukan assessment, memang benar terkait keberadaan buaya itu,” ungkapnya.
Laksita memperingatkan untuk hati-hati. Sebab, terdapat masyarakat yang beraktivitas di sekitar Sungai Nginden. Meskipun buaya itu berukuran kecil, dia memperkirakan ada induknya yang lebih besar. 
“Nelayan sekitar menyebutkan beberapa kali muncul buaya yang 1,5 meter itu,” terangnya.
Pemasangan rambu “Awas Ada Buaya” ini bertujuan untuk menekan risiko yang terjadi. Rencananya, papan peringatan serupa juga akan dipasang di titik yang lain, karena di lokasi itu berpotensi muncul kelompok buaya lain.
“Kami mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai Nginden untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, sepanjang sungai hingga muara di wilayah Wonorejo terdapat kelompok buaya,” ujar Laksita.
Ia menambahkan bahwa di lokasi itu sering ditemukan buaya. Sebelum ada laporan kemunculan buaya pada Sabtu (2/9) lalu, sudah ada laporan temuan-temuan buaya lainnya.
Buaya muara merupakan salah satu jenis buaya terbesar di dunia. Dilansir dari laman Kebun Binatang Surabaya, buaya jantan jenis ini memiliki panjang hingga 6-7 meter dan tubuh yang sangat besar.
Sedangkan untuk buaya betina, panjangnya mencapai tiga meter. Buaya muara memiliki kepala dan rahang yang besar serta gigi yang tajam, dengan panjang mencapai 5 cm. 
Tidak mengherankan jika buaya dengan titik-titik hitam di sepanjang tubuhnya ini muncul di sungai Nginden karena habitat buaya muara antara lain di sungai.
152
SAHAM


Sejumlah pesepak bola Timnas U-17 mengikuti latihan di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (28/8/2023). Latihan tersebut sebagai persiapan menjelang pertandingan persahabatan melawan Korea Selatan pada Rabu (30/8) dan Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Anggota Exco PSSI Endri Erawan mengatakan ada tambahan enam pemain baru yang mengikuti proses seleksi Timnas Indonesia U-17. Skuad Garuda Muda yang disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-17 2023 masih belum final, pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti masih bongkar pasang pemain sebelum melanjutkan pemusatan latihan di Jerman. 


Endri yang juga menjabat sebagai Manajer Timnas itu mengatakan Bima masih terus mencari komposisi terbaik untuk mengarungi Piala Dunia U-17 2023. Serasa masih belum puas dengan skuad yang ada saat ini, ia pun memanggil enam pemain baru. Hal itu diungkapkan saat pembukaan Liga 2 2023-2024, di Stadion Surajaya, Lamongan, Ahad (19/9/2023). 


Ia mengungkapkan semua pemain baru yang dipanggil untuk mengikuti seleksi tersebut adalah pemain-pemain lokal, tak ada pemain Diaspora di dalamnya. “Ada penambahan enam pemain lagi ke Timnas U-17 Indonesia. Ada dari Persikota (Tangerang), Borneo FC, dan ada dari Persita Tangerang. Kami lihat apakah enam pemain itu bisa masuk ke skuad TC ke Jerman atau tidak,” kata Endri Erawan, Senin (11/9/2023).


Sejak awal pelatih Timnas Indonesia U-17 memang menerapkan sistem degradasi dalam menyeleksi pemain yang akan memperkuat timnya di Piala Dunia U-17. Hal itu masih dilakukan hingga menjelang pemusatan latihan di Jerman. Pasalnya, ia akan membawa 25 pemain dalam pemusatan latihan di Negeri Panzer itu. 


Dari informasi sebelumnya, Timnas U-23 Indonesia akan mulai berangkat TC di Jerman pada 17 September 2023 mendatang. “Jadi proses seleksi masih ada sampai tanggal 17 September (2023). Mereka akan tetap berangkat ke Jerman sesuai waktu,” kata Endri.


Sebelumnya telah disampaikan bahwa skuad Garuda Muda akan melakoni beberapa agenda uji coba selama di Jerman. “Seperti yang kemarin, masih diusahakan oleh Bundesliga untuk menghadapi Dortmund U-17, Monchengladbach U-17, dan kemungkinan Timnas Jerman U-17, tapi tergantung drawing nanti tanggal 15 September,” ujarnya. 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek