Warga Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Senyap Tanpa Guncangan By CNN Indonesia

 

Warga Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Senyap Tanpa Guncangan

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 15, 2023
Sejumlah warga Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menjajal uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Sejumlah warga Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menjajal uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah warga Kecamatan Makasar, Jakarta Timur menjajal uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Jumat (15/9) siang.

Rombongan berangkat dari Stasiun Halim Jakarta pada pukul 14.00 WIB dan tiba di Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat pukul 14.26 WIB.

Kereta berhenti di stasiun tersebut sekitar dua menit dan melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung. Selanjutnya, kereta sampai di Stasiun Tegalluar pukul 14.46 WIB.

Artinya, perjalanan Jakarta-Bandung ditempuh dalam waktu 46 menit. Maklum, dalam beberapa kesempatan kereta melaju dengan kecepatan 351 kilometer (km) per jam.

Salah seorang warga bernama Kamal mengaku puas bisa menjajal kereta kilat itu. Menurut, walaupun kereta memacu kecepatan tinggi, namun tidak ada guncangan dalam gerbong.

"Senyap, tanpa guncangan. Fasilitasnya ini sama saja dengan pesawat, setara dengan pesawat. Mewah," kata Kamal kepada CNNIndonesia.com.

Sampai saat ini harga tiket KCJB belum ditetapkan. Namun, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengusulkan paket tarif (bundling) KCJB sebesar Rp300 ribu per penumpang, termasuk layanan transportasi kereta ringan LRT dan kereta api pengumpan (feeder).

Menurut Kamal, harga tiket tersebut masih masuk akal. Apalagi, fasilitas dan ketepatan waktu KCJB terjamin. "Karena dari pada naik roda empat mending naik ini, untuk mengejar waktu," ucapnya.

Setali tiga uang, penumpang lain bernama Ida mengatakan perjalanan menggunakan KCJB nyaman. Ia bahkan mengibaratkan perjalanan menggunakan kereta cepat seperti naik mobil mewah.

"Baru kali ini naik. Seperti naik mobil ibaratnya di jalan tol ngebut. Tapi mobilnya bagus. Enggak gruduk-gruduk. Mulus," katanya.

Berbeda dengan Kamal, Ida merasa keberatan jika harga tiket KCJB kelak dipatok sekitar Rp300 ribu. Menurutnya, harga tiket itu sebaiknya ditekan lagi agar lebih terjangkau.

"Saya dengarnya Rp350 ribu. Kalau Rp250 ribu terjangkau. Harapannya jangan mahal-mahal," kata Ida.

"Ibu-ibu rumah tangga kan pada pengen. Bisa lah kalau Rp200 ribuan," imbuhnya.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan dalam uji coba hari ini pihaknya menyediakan 500 tempat duduk. Ia menyebut ke depan kapasitas kursi untuk uji coba bakal terus bertambah. Emir juga mengatakan uji coba hari ini berjalan lancar.

"Sejauh ini lancar, baik dari layanan stasiun. Kami akan tetap cari perbaikan yang kami lakukan, sehingga operasional makin baik," kata Emir.

Terpisah, Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menuturkan uji coba dilakukan setelah izin dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis (14/9) kemarin.

Adapun keterlibatan masyarakat yang merupakan bagian dari uji coba KA Cepat ini akan terus dilakukan hingga 30 September 2023.

Eva menjelaskan untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat.

"Hal itu dilakukan guna memberikan apresiasi KCIC atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan KA cepat berjalan lancar," tutur Eva melalui keterangan resmi.

Sementara untuk masyarakat umum bisa menjajal KCJB dengan cara mendaftar pada website KCIC mulai Sabtu (16/9) besok. Eva mengatakan masyarakat umum bisa mengikuti kegiatan uji coba kereta kilat itu secara gratis.

"Adapun kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik KA Cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC yang dapat dilakukan mulai Sabtu 16 September 2023," kata dia.

Eva menyebut informasi link terkait pendaftaran uji coba akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID.

(mrh/dzu)

Baca Juga

Komentar