Xanana Sebut Kebutuhan akan Investasi Asing Jadi Alasan Timor Leste Ingin Bergabung dengan ASEAN | Garuda News 24

 

Xanana Sebut Kebutuhan akan Investasi Asing Jadi Alasan Timor Leste Ingin Bergabung dengan ASEAN | Garuda News 24

Xanana Sebut Kebutuhan akan Investasi Asing Jadi Alasan Timor Leste Ingin Bergabung dengan ASEAN
152
SAHAM

TEMPO.COJakarta – Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmão menghadiri ASEAN Business and Investment Summit 2023 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, Xanana mengungkapkan alasan negaranya ingin menjadi anggota penuh Perhumpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN. 

“Keanggotaan penuh ASEAN akan mendorong kepercayaan yang dapat meningkatkan investasi di Timor Leste,” tutur Xanana, Senin, 4 September 2023. 

Ia mengungkapkan kebutuhan Timor Leste terhadap investasi asing saat ini sangat penting dan mendesak. Oleh karena itu, Timor Leste ingin berkolaborasi dengan ASEAN dalam mendorong peumbuhan dan pembangunan ekonomi di negaranya. 

Menurutnya, proses mendorong investasi ini memerlukan partisipasi dengan jaringan uang luas. Dengan demikian, ia menilai kolaborasi dengan negara-negara anggota ASEAN akan membantu negaranya menyejahterakan masyarakatnya dengan menaikkan pendapatan per kapita dan mengurangi kemiskinan. 

Selain itu, alasan Timor leste menjalin hubungan dalam forum ini pun karena ingin menjadi bagian dari kisah ASEAN. Mengingat ASEAN memiliki potensi ekonomi hingga US$ 2,3 triliun serta 600 juta penduduk ASEAN yang menjadi kekuatan ekonomi di Asia Tenggara. Xanana juga melihat ASEAN sebagai contoh dalam pengembangan perdagangan komoditas, serta pembangunan infrastruktur. 

Adapun Presiden Timor Timor Leste Jose Ramos-Horta menargetkan negaranya menjadi anggota penuh ASEAN pada 2025. Timor Leste telah diterima secara prinsip sebagai anggota ke-11 ASEAN dalam KTT di Phnom Penh, Kamboja, tahun lalu. Menurut Ramos-Horta, proses Timor Leste untuk mendapatkan status anggota penuh ASEAN sejauh ini berjalan baik.

Iklan

Sejak itu, Timor Leste telah meratifikasi lebih dari 50 instrumen, perjanjian, dan kesepakatan. Negara tersebut juga melakukan lebih banyak pelatihan peningkatan kapasitas dan memperluas jaringan infrastruktur agar dapat mengakomodasi kebutuhan dan kewajiban menjadi anggota ASEAN.

“Ini keputusan strategis nasional yang diambil oleh semua pemimpin di Timor Leste. Kami bertujuan untuk terintegrasi sebagai anggota penuh (ASEAN) pada 2025,” kata Ramos-Horta kepada Antara, di sela-sela jamuan makan malam oleh Dubes Uni Emirat Arab di Jakarta pada Selasa.

RIANI SANUSI PUTRI | ANTARA

Pilihan Editor: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Beroperasi Oktober, Segini Kecepatannya Terakhir

152
SAHAM

 –  Setelah lama menjanda, kini mantan istri dari Muhammad Alvin Faiz yaitu Larissa Chou telah sah dinikahi oleh pengusaha muda yang Bernama Ikram Rosadi.

Kabar itu Ia sampaikan melalu laman instagramnya pada 3 Agustus 2023 yang bertuliskan caption, “Selamat datang di hidup kami, sekarang panggilan Om baik berubah menjadi Papah.”

Postingan itu berhasil mencuri perhatian para netizen dan banyak memicu komentar bermacam-macam.

Baca Juga: Nikah dengan Ikram Rosadi, Larissa Chou : Aku Telah Memilih Pundak untuk Bersandar!

“Mualaf, ga diajarin agama dengan baik sm suami, cerai, pakaian tetep syar’i, ngurus anak sendiri, bisnis, lama kemudian menikah dengan cara yg baik. MasyaAllah keren banget janda muda berkelas satu ini,” tulis akun @dejurooms

“Larissaaa selamat!! Pecah telor duluan diantara deretan para single mother yang ada ini ahhahaah. Trully happy for you, semogaa semuanya jadi semakin lebih baik, full of gratitude, blessing and love mashaaAllah aamiin,” tambah akun @indahnadapuspita

Salah satu Komika asal Indonesia juga turut menuliskan ucapan untuk Larissa Chou.

“Turut berbahagia Kak Larissa dan suami, langgeng terusss sakinah mawaddah warahmah,” ucap akun @musdalifahbasri.

Baca Juga: Unggah Wajah Calon Suaminya, Larissa Chou Tenangkan Netizen : Beliau Hari Ini Bukan Beliau yang Dulu

Selain itu masih banyak lagi komentar dari netizen-netizen lainnya.

“MasyaAllah Allahumma barik, samawa til jannah kaaaa!!! Ikut happy!!!,” tulis akun @khalidaalbs

“Congraaaaaaats Risaaaaaaaa!!! Wishing you endleeessss happinesssss,” ujar akun @aelke

“Alhamdulillah Barakallah Cici sayang, semoga selalu diberikan kebahagiaan dunia akhirat, samawa cantik,” tambah akun @_deanara_.

Baca Juga

Komentar