Apa yang Terjadi Jika Kamu Makan Telur Setiap Hari? By CNN Indonesia

 

Apa yang Terjadi Jika Kamu Makan Telur Setiap Hari?

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Makan telur setiap hari sah-sah saja dilakukan oleh individu sehat. Ilustrasi. (Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada makanan yang manfaat kesehatannya sudah tak diragukan lagi. Salah satunya adalah telur sebagai salah satu sumber protein terbaik.

Tapi, telur tak sesederhana itu. Meski dikenal kaya nutrisi, tapi telur juga mengandung kolesterol. Hal ini membuat beberapa orang ragu untuk menjadikan telur sebagai makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Pertanyaannya, bolehkah kita memakan telur setiap hari? Apa yang terjadi pada tubuh saat memakan telur setiap hari?

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan ini.

Nutrisi telur

Bukan rahasia lagi, telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Selain protein, telur juga mengandung banyak nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Mengutip Eating Well, berikut deretan nutrisi dalam satu butir telur berukuran sedang:

- kalori 70
- protein 6 gram
- lemak 5 gram
- lemak jenuh 2 gram
- vitamin B12 0,5 mikogram
- vitamin D 1,24 mikrogram
- kolin 169 mikrogram

Protein pada telur sendiri terbilang lengkap. Mengutip WebMD, telur memiliki sembilan asam amino esensial, yang merupakan bahan penyusun protein.

Putih telur adalah bagian yang paling tinggi protein. Kadar lemak dan kolesterol pada bagian putih telur terbilang sedikit.

Tak cuma itu, kadar kalori pada telur juga akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama hingga mencegah Anda untuk makan berlebih.

Bolehkah makan telur setiap hari?

Ilustrasi. Makan telur setiap hari sah-sah saja untuk individu sehat. (iStock/ShotShare)

Putih telur mengandung sekitar 60 persen dari jumlah total protein pada telur. Sedangkan kuning telur lebih banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Namun demikian, bukan berarti kuning telur patut mendapatkan cap buruk. Mengutip laman Cleveland Clinic, studi justru menemukan, kuning telur memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan memberikan perlindungan kardiovaskular.

Ahli diet Susan Campbell mengatakan, karena manfaatnya yang segudang, maka tak masalah jika Anda mengonsumsi satu butir telur utuh setiap hari. Namun, hal ini berlaku untuk individu sehat tanpa masalah kardiovaskular dan memiliki kadar kolesterol yang normal.

"Jika Anda memiliki penyakit kardiovaskular atau kadar kolesterol tinggi, Anda harus membatasi konsumsi telur," ujar Campbell. Setidaknya batasi asupan 3-4 butir telur utuh per minggu.

Selain itu, Campbell juga menyarankan untuk menghindari penambahan lemak hewani seperti mentega dan minyak saat memasak telur.

"Lebih baik gunakan minyak zaitun atau minyak nabati lain," ujarnya.

Apa yang terjadi saat makan telur setiap hari?

Bagi orang sehat, makan satu butir telur utuh setiap hari sah-sah saja. Namun pertanyaannya, apa yang akan terjadi pada tubuh jika rutin mengonsumsi telur setiap hari?

Berikut di antaranya, mengutip Parade.

1. Lebih berenergi

Asupan telur setiap hari akan membuat Anda merasa lebih berenergi sepanjang pagi. Kombinasi protein dan lemak dalam telur dapat membantu mencegah rasa lapar dan meningkatkan energi.

2. Lebih fokus

Nutrisi dalam telur mendukung kesehatan otak, termasuk fungsi kognitif. Sebut saja kandungan kolin pada telur yang dapat mengurangi peradangan di otak dan mendukung kemampuan kognitif.

Selain itu, kandungan protein dan lemak tak jenuh dalam telur juga tak cuma bikin kenyang, tapi juga membuat Anda lebih fokus.

3. Suasana hati meningkat

Ada hubungan yang terjadi antara telur dan kesejahteraan mental. Salah satunya dengan asupan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada beberapa telur.

Anda bisa mendapatkan manfaat di atas dengan makan telur setiap hari. Namun, Anda dengan riwayat penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi, disarankan untuk membatasinya setidaknya sebanyak 3-4 telur per minggu.

(asr)

Baca Juga

Komentar