Pilihan

Sulitnya Cari Tempat Salat di Venue Asian Games By CNN Indonesia

 

Sulitnya Cari Tempat Salat di Venue Asian Games

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Penonton bahkan jurnalis muslim sulit menemukan tempat khusus salat di venue Asian Games 2022 (2023). (CNNIndonesia/Rizki Haerullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencari tempat salat di sekitar venue Asian Games Hangzhou 2023 bukan hal yang mudah bagi umat muslim, termasuk jurnalis Indonesia yang sedang meliput.

Berdasarkan pantauan jurnalis CNNIndonesia di Hangzhou, ruang khusus untuk salat memang tidak tersedia di setiap venue Asian Games 2023 di China.

Situasi ini memang menjadi tantangan bagi para jurnalis muslim. Di satu sisi mereka dikejar waktu bekerja di tengah jadwal yang padat, kemudian venue yang berbeda-beda dan berjauhan, tetapi di sisi lain mereka wajib menjalankan ibadah salat.

Akibatnya para jurnalis muslim harus mencari cara agar kewajiban menunaikan salat tidak ditinggalkan, meski dalam segala keterbatasan.

Karena ketidaktersediaan ruang ibadah di venue, maka sebagian besar jurnalis muslim itu pun akhirnya memilih melakukan salat ketika masih berada di tempat penginapan, baik itu hotel ataupun media village sebelum berangkat menuju venue.

Karena tergolong sebagai musafir, mereka pun biasa menjamak salat atau mengumpulkan dua salat dalam satu waktu yakni Dzuhur dengan Ashar atau Magrib dengan Isya. Mereka juga terbiasa melakukan salat qasar atau meringkas jumlah salat, seperti dari empat rakaat menjadi dua rakaat.

Selain salat ketika masih berada di hotel, para jurnalis muslim juga biasa memilih melakukan salat di kendaraan ketika mereka dalam perjalanan dari venue satu ke venue lainnya.

"Betul saya pribadi memang kalau salat biasa di media village [kamar] atau saat di kendaraan saja. Kalau di kendaraan yang saya tayamum saja," kata jurnalis asal Indonesia, Haykal Pasya.

Tempat khusus salat pun tak tersedia di media center Asian Games 2023. (CNNIndonesia/Rizki Haerullah)

Sementara itu Indra yang merupakan jurnalis asal China yang fasih berbahasa Indonesia mengatakan karena di China mayoritas nonmuslim maka tidak tersedia mushola di setiap venue Asian Games 2023.

"Ya kalau di sini kan kebanyakan masyarakatnya menganut kepercayaan. Jadi memang tidak ada tempat untuk salat di venue," ucap Indra yang pernah bekerja di Indonesia selama lima tahun itu.

"Tapi, kalau mau salat sebenarnya ada satu ruangan di Media Village yang difungsikan untuk salat," kata Indra menambahkan.

Namun, Media Village yang merupakan tempat tinggal para jurnalis selama Asian Games 2023 letaknya tidak dekat dengan venue. Bahkan dari Media Center Pusat Asian Games jaraknya bisa mencapai 20 menit jika menggunakan bus.

Selain sulit mencari tempat salat, jurnalis muslim juga memiliki tantangan lain yaitu sulit mencari makanan-makanan berat yang halal di dekat venue Asian Games.

(rhr/jun)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek