ASN 4,4 Juta Orang, Jokowi Bandingkan Pengaruh Korpri dan Parpol By CNN Indonesia

 

ASN 4,4 Juta Orang, Jokowi Bandingkan Pengaruh Korpri dan Parpol

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Presiden Jokowi menyebut Korpri punya pengaruh dalam menentukan arah pemerintahan dan kemajuan bangsa. Saat ini jumlah ASN mencapai 4,4 juta.
Presiden Jokowi menyebut Korpri punya pengaruh dalam menentukan arah pemerintahan dan kemajuan bangsa. Saat ini jumlah ASN mencapai 4,4 juta.
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) lebih berpengaruh dari partai politik dalam menentukan arah pemerintahan.

Jokowi mengatakan jumlah aparatur sipil negara (ASN) kini mencapai 4,4 juta orang. Dia menilai jumlah ini membuat Korpri punya pengaruh besar.

"Ini jumlah yang sangat besar dan juga menjadi kekuatan besar penentu kemajuan bangsa. Partai boleh banyak, tetapi yang melaksanakan, yang menentukan tetap Korpri," kata Jokowi pada Rakernas Korpri 2023 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (3/10).

Jokowi mengibaratkan para pegawai negara sebagai sebuah mesin dalam kendaraan. Menurutnya, Korpri harus bisa memastikan kendaraan melaju dengan efisien dan cepat.

Dia juga ingin para pegawai negara menjadi mesin yang tahan banting. Jokowi menyebut kegigihan ASN dalam beradaptasi dibutuhkan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan.

"Yang dibutuhkan seperti itu dan tahan banting karena perubahan dunia sekarang ini hampir tiap hari selalu berubah," ujarnya.

Dia mendorong reformasi birokrasi di semua sektor. Jokowi ingin ekosistem kerja ASN memacu kinerja, prestasi, dan inovasi.

"Saya sering sampaikan ke Menpan RB harus ada tolok ukur yang jelas, reward yang jelas. Jadi orientasi jangan sampai kerja sampai tengah malam," ucap Jokowi.

(dhf/tsa)

Baca Juga

Komentar