Batik Pekalongan Jadi Ikon Inacraft 2023 By BeritaSatu

 

Batik Pekalongan Jadi Ikon Inacraft 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Batik Pekalongan yang dipamerkan di Inacraft 2023 di JCC Senayan Jakarta, 7 Oktober 2023.
Batik Pekalongan yang dipamerkan di Inacraft 2023 di JCC Senayan Jakarta, 7 Oktober 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Batik Pekalongan menjadi ikon utama perhelatan pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di JCC Senayan pada Sabtu (7/10/2023). Booth batik Pekalongan dapat dijumpai di depan lobi utama JCC Senayan Jakarta.

Arief Wicaksono selaku perwakilan Badan Pengurus Cabang (BPC) Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Kota Pekalongan menyebut pihaknya membawa beragam hasil produksi batik Pekalongan yang dipamerkan pada Inacraft 2023 kali ini.

"Ini batik yang dipajang di sini ada yang untuk diekspor, ada yang batik dari titik nol ada macam-macam, dari sutra sampai katun kita juga membawa ada batik yang sangat istimewa dari satu kain itu terdapat 4 warna itu yang batik ini pagi siang sore malam (pasema)," ujar Arief.

Sebagai salah satu produsen handicraft, Arief mengaku senang dengan adanya wadah pameran seperti Inacraft. Melalui ajang sejenis, diharapkan kebudayaan dan seni lokal Indonesia dapat unjuk gigi keindahan di tingkat nasional bahkan mancanegara.

Selain itu, Arief juga membanggakan batik gendongan yang turut dipamerkan di booth batik Kota Pekalongan. Menurutnya, banyak pengunjung Inacraft terkesima dengan batik gendongan karena mengingatkan dengan masa kecil.

"Saya kira orang melihat batik ini batik gendongan namanya selendang gendong, kalau orang bilang itu kemarin banyak para ibu-ibu itu memorinya terbuka kembali saya dulu dipakaiin ini waktu gendong itu ya," ujar Arief.

Seperti diketahui, Inacraft 2023 diselenggarakan di JCC Senayan selama 5 hari pada 4-8 Oktober 2023. Pembukaan Inacraft 2023 dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi pada Rabu (4/10/2023) lalu.

Sebanyak 720 booth turut meramaikan Inacraft 2023. Booth tersebut memamerkan sejumlah kerajinan tangan termasuk batik, tenun, aksesoris hingga perabotan rumah.

Penyelenggara menargetkan total transaksi sebesar Rp 50 miliar selama penyelenggaraan Inacraft 2023. Total 100.000 pengunjung juga menjadi target penyelenggara untuk perhelatan Inacraft 2023 kali ini.

Baca Juga

Komentar