Pilihan

Ganjar Tekankan Pentingnya Proteksi UMKM Hadapi Gempuran Online Shop By BeritaSatu

Ganjar Tekankan Pentingnya Proteksi UMKM Hadapi Gempuran Online Shop

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Ganjar Pranowo saat mendatangi pameran International Handicraft Trade Fair
Ganjar Pranowo saat mendatangi pameran International Handicraft Trade Fair

Jakarta, Beritasatu.com - Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menekankan pentingnya proteksi kepada UMKM Indonesia agar tetap bersaing dengan penjualan barang secara online ataupun barang impor dari luar negeri. Caranya menurut Ganjar, dengan membuat hak kekayaan intelektual (Haki) agar produk UMKM bisa masuk pasar dunia dan tidak tergerus oleh perubahan teknologi.

“Kita sebenarnya juga meng-online-kan UMKM dan memfasilitasi agar bisa masuk pasar dunia. Peran pemerintah sangat penting,” kata Ganjar seusai menghadiri pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (7/10/2023) dikutip Antara.

Menurut Ganjar, Haki UMKM juga perlu diproteksi sehingga bisa laku.

"Kalau sudah mendunia, tentunya harus masuk pasar dunia. Kita jangan terus menjadi pemain lokal. Ayo kita serbu pasar dunia," lanjut Ganjar.

Salah satu langkah yang pernah dilakukan Ganjar ketika menjadi gubernur Jawa Tengah adalah mengirim produk UMKM asal Indonesia ke luar negeri.

“Kita pernah mengirim ke Prancis sudah dua kali. Terus ke Osaka pernah. Kita kenalkan. Kita gempur mereka dengan produk-produk kita. Mereka sangat suka sehingga kita harus berani bersaing soal itu. Kita memberikan fasilitasi dan proteksi," tuturnya.

Lebih jauh, mengaku senang karena kualitas UMKM asal Indonesia yang tampil di Pameran Inacraft semakin berkualitas setiap tahunnya.

“Makanya saya senang sekali melihat berbagai UMKM dan karya semua tampil di sini. Ini keliatan betul bahwa mereka rata-rata sudah dikurasi. Selalu ada saja yang menakjubkan dengan munculnya desain yang baru terus kemudian bentuk-bentuk baru, inovasi seperti yang di belakang ini,” imbuhnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek