Pilihan

Bawaslu Awasi Ketat Netralitas dan Independensi Dokter RSPAD saat Tes Kesehatan Capres-Cawapres - inews

 

Bawaslu Awasi Ketat Netralitas dan Independensi Dokter RSPAD saat Tes Kesehatan Capres-Cawapres

By Felldy Aslya Utama
inews.id
October 22, 2023
Ketua Bawaslu Rahmat Bagdja.
Ketua Bawaslu Rahmat Bagdja.

JAKARTA, iNews.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengawasi ketat netralitas dan independensi tim kesehatan yang memeriksa pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres). Tes kesehatan ini menjadi salah satu tahapan sebelum ditetapkannya capres dan cawapres pada 13 November mendatang.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan setiap proses pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto transparan dan adil bagi seluruh bakal calon.

"Independensi dokter RSPAD itu begini, baik TNI Polri harus netral karena mereka tidak memilih. Di situ sudah harus independen," katanya dikutip dari laman Bawaslu RI, Minggu (22/10/2023).

Dalam hal ini, Bagja menjelaskan KPU akan menilai lolos tidaknya bakal capres dan cawapres dalam tes kesehatan setelah seluruh calon diperiksa. Proses ini, diharapkan tidak ditemukan pelanggaran walau potensi bisa saja terjadi.

"Kami akan terus koordinasi dengan KPU soal independensi tapi kalau dalam karakternya TNI maupun polisi harus independen. Bawaslu akan terus aktif dalam pengawasan," katanya.

Diketahui, dua capres dan cawapres yang sudah tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek