Pilihan

Hari Santri 2023, Santri Bersorak saat Jokowi Sapa Prabowo, Erick Thohir, dan Puan - TIMESINDONESIA

 Hari Santri 2023, Santri Bersorak saat Jokowi Sapa Prabowo, Erick Thohir, dan Puan

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Presiden Jokowi memimpin Apel Puncak Peringatan Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (22/10/ 2023) pagi. Saat membuka apel, Presiden Jokowi menyapa sejumlah tokoh yang hadir termasuk para menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Pantauan TIMES Indonesia, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua DPR RI Puan Maharani disebut namanya secara berurutan oleh Jokowi Widodo. Saat Jokowi menyebutkan tokoh-tokoh tersebut, ribuan santri yang hadir dalam apel Hari Santri 2023 pun sontak bersorak gemuruh.

Puncak-Hari-Santri-2.jpg

Disela-sela menjadi pembina apel Hari Santri 2023, Jokowi menyampaikan sejarah lahirnya peringatan Hari Santri di Indonesia yang pertama kali dimulai pada 22 Oktober 2015 lalu.

"Sebelum saya jadi presiden, saya menerima usulan dari salah satu pondok pesantren di Malang untuk mengadakan peringatan Hari Santri," Kata Presiden Jokowi di depan panggung utama apel Hari Santri 2023.

"Kemudian usulan itu pun lantas dipertimbangkan dan diputuskan digelar pertama kali pada tahun 2015," sambung Jokowi yang ditahun 2015 tepat di tahun pertama menjadi presiden.

Diketahui, sebelum apel Puncak Peringatan Hari Santri 2023 diawali oleh pembacaan naskah Resolusi Jihad oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Puncak-Hari-Santri-3.jpg

Dalam Apel puncak Hari Santri 2023 juga diisi penampilan paduan suara dari Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya dengan mengenakan pakaian adat Nusantara. Membawakan beberapa lagu seperti Indonesia Raya, Ya Lal Wathon, hingga selawat Ashgil.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir di panggung utama Apel Hari Santri 2023. Seperti Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mengenakan baju Banser. Kemudian Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Sementara Ibu Iriana Jokowi dan Yenny Wahid, putri almarhum Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah duduk berjajar pada Apel Puncak Peringatan Hari Santri 2023(*)


Pewarta: Rudi Mulya
Editor: Deasy Mayasari

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek