Pilihan

Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Lanjutkan Tugas Walkot Solo Sampai Kelar By CNN Indonesia

 

Jadi Cawapres Prabowo, Gibran Lanjutkan Tugas Walkot Solo Sampai Kelar

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan menyelesaikan pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan menyelesaikan pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo, termasuk pembangunan di kota itu.

Dia memastikan hal itu setelah Prabowo Subianto mengumumkan Gibran menjadi bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

"Insya Allah lanjut, aku tak ngawal terus," kata Gibran dikutiip Antara, Senin (23/10).

Gibran mulai menjabat Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021. Putra Presiden Joko Widodo itu seharusnya mengemban tanggung jawab sebagai wali kota Solo hingga 2026.

Namun baru dua tahun menjabat, Gibran diusung oleh sejumlah parpol menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo. Pria 36 tahun itu bisa maju sebagai cawapres setelah Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan seorang mahasiswa terkait syarat capres-cawapres berusia 40 tahun atau pernah menjadi kepala daerah.

Gibran pun mengaku sudah bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani sebelum pengumuman dari Prabowo terkait capres dan cawapres di Jakarta, Minggu (22/10) petang.

"Saya sudah berkomunikasi dengan mbak Puan pada Jumat malam," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, pertemuan tersebut tidak hanya dilakukan dengan Puan tetapi juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 Arsjad Rasjid.

Meski demikian, ia enggan menjelaskan isi pembahasan pada pertemuan tersebut. Termasuk apakah pada pertemuan tersebut ia pamit sebagai kader PDIP.

"Sudah saya komunikasikan. Mbak Puan kan sudah cerita juga waktu di Surabaya," katanya.

Ia hanya memastikan akan mengikuti mekanisme yang ada usai Prabowo mengumumkan Gibran menjadi bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pemilihan Presiden 2024.

Puan menegaskan pihaknya belum menerima surat pengunduran diri dari Gibran menyusul pengumuman cawapres mendampingi Prabowo.

"[Surat pengunduran diri Gibran] enggak ada sama sekali," kata Puan usai menghadiri Apel Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10).

(Antara/pmg)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek