Pilihan

Kebakaran TPA Rawa Kucing, Kementerian LHK Kerahkan Pasukan Manggala Agni By BeritaSatu

 

Kebakaran TPA Rawa Kucing, Kementerian LHK Kerahkan Pasukan Manggala Agni

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan gunungan sampah yang terbakar di tempat pembuangan akhir
Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan gunungan sampah yang terbakar di tempat pembuangan akhir

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ambil bagian memberikan bantuan dalam menangani kebakaran di TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang. Salah satu bantuan dari KLHK adalah menurunkan pasukan Manggala Agni.

Dirjen Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, kebakaran TPA Rawa Kucing memiliki resiko yang sangat serius dan dapat mengganggu kondisi stabilitas. Hal ini mengingat lokasi TPA berada di antara 2 runway Bandara Soekarno-Hatta, yang berimplikasi juga terhadap isu penerbangan internasional.

“Selain itu juga beberapa industri chemical berbatasan langsung dengan pagar (boundary) TPA, sehingga kalau ini terdampak, risikonya bisa menjadi lebih buruk. Untuk itu, dukungan yang diberikan langsung oleh KLHK termasuk mengerahkan Pasukan Manggala Agni,” ujar Rosa Vivien seperti dikutip dari Antara, Senin (23/10/2023).

Saat ini dilakukan kordinasi secara intens dengan pihak pemda, TNI, Polri, dan BNPB serta pihak Air Navigation. Menurut Vivien, secara umum ada 2 operasi intensif yang dilakukan, yaitu operasi pemadaman darat, operasi udara, dan pengamatan lewat drone setiap hari.

“Untuk operasi pemadaman darat difasilitasi oleh pasukan Manggala Agni serta dengan mengerahkan sekitar 6.000 personel dari pemda, TNI, dan Polri. Operasi darat dimulai dari titik pintu 3 (tiga), wilayah Selatan, karena lokasi terbakar paling hebat berada di lokasi ini,” katamya.

TPA Rawa Kucing yang memiliki luas wilayah 34,8 hektare ini mulai terjadi kebakaran pada Jumat (20/10/2023) pukul 14.00 WIB. Sampai saat ini tim satgas masih mengupayakan operasi pemadaman darat yang berikutnya akan dibantu upaya water bombing.

“Kami sempat mengecek lokasi ke lapangan, kondisi titik api masih terlihat banyak dan asap tebal. Kami juga sempat menemui Pasukan Manggala Agni untuk memberikan semangat dan motivasi,” ungkap Rosa Vivien.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap bantuan dari KLHK bisa mempercepat pemadaman kebakaran di TPA Rawakucing yang saat ini titik-titik hembusan asap

"Pasalnya kondisi di TPA Rawakucing saat ini, atasnya berasap, bawahnya masih ada api. Semoga bantuan ini bisa mengatasi kebakaran di TPA Rawa Kucing," katanya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek