Korsleting Baterai Motor Listrik Jadi Penyebab Kebakaran KMP Tranship By BeritaSatu

 

Korsleting Baterai Motor Listrik Jadi Penyebab Kebakaran KMP Tranship

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Kapal motor penyeberangan
Kapal motor penyeberangan

Lampung Selatan, Beritasatu.com – Kapal motor penyeberangan (KMP) Tranship 1 mengalami kebakaran. Penyebab kebakaran itu karena ada motor listrik yang terbakar baterainya. Motor listrik yang berada di dalam truk kargo itu mengalami korsleting.

KMP Tranship 1 terbakar saat berlayar menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Dari olah tempat kejadian perkara, Polres Lampung dan Polda Lampung memastikan api yang sempat membakar KMP Tranship 1 berasal dari korsleting baterai motor listrik yang diangkut truk kargo ekspedisi.

Setelah terjadi kebakaran KMP Tranship 1, Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Lampung dan Inafis Polres Lampung Selatan langsung melakukan olah TKP untuk menyelidiki penyebab pasti kebakaran KMP Tranship 1.

Olah TKP berlangsung pada Jumat (20/10/2023) malam, beberapa jam setelah kebakaran KMP Tranship 1 saat berlayar menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Jumat sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam olah TKP, polisi melakukan identifikasi titik api yang menyebabkan kebakaran di KMP Tranship 1 tersebut berasal. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dan memastikan apakah ada indikasi kelalaian atau tidak dalam insiden kebakaran di KMP Tranship 1.

Dari hasil sementara olah TKP, polisi memastikan penyebab kebakaran di KMP Tranship 1 akibat motor listrik muatan dari truk kargo ekspedisi terbakar. Motor listrik yang berada di truk kargo tersebut terbakar diduga akibat baterai motor listrik mengalami korsleting.

Selain melakukan olah TKP, Polres Lampung Selatan juga telah memeriksa sejumlah saksi, di antaranya sopir dan kernet truk kargo ekspedisi, juru masak kapal serta satu orang kru KMP Tranship 1.

Akibat kebakaran tersebut, KMP Tranship 1 yang seharusnya bersandar di Dermaga 6 terpaksa bersandar di Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni untuk mempercepat proses evakuasi.

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni menggunakan kapal tug boat. Sementara itu, truk kargo yang menjadi penyebab kebakaran langsung dikeluarkan dari kapal untuk dilakukan pemadaman. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, mengatakan olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti apakah ada indikasi kelalaian atau tidak dalam insiden tersebut.

"Kita melakukan pendalaman terhadap sopir dan kenek truk kargo, ABK, juga ada juru masak termasuk pengawas BPTD kita lakukan pemeriksaan juga," kata AKBP Yusriandi Yusrin seusai olah TKP.

Yusrin pun mengungkap kronologis kebakaran itu. “Pada saat di perjalanan masih di wilayah Merak di Pulau Tempurung, salah satu ABK melihat ada kepulan asap, kemudian dia turun ke dek kapal memastikan ternyata terjadi kebakaran di salah satu truk kargo nomor pelat B 9239 WXW,” ungkap AKBP Yusriandi Yusrin.

AKBP Yusriandi Yusrin menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran kapal feri KMP Tranship 1 tersebut. Kebakaran KMP Tranship 1 cepat diatasi berkat kesigapan dari kru ASDP, Polres, TNI, dan Basarnas.

Menurut AKP Yusriandi Yusrin, kondisi kapal masih utuh dan seluruh kendaraan yang ada di dalam kapal berhasil diselamatkan dari kebakaran.

“Hanya satu saja, ini pun truk kargo selamat, hanya beberapa barang saja yang terbakar,” ujar AKBP Yusriandi Yusrin.

Kebakaran KMP Tranship 1 tidak berdampak pada pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Banten. Pelayanan penyeberangan terpantau berlangsung normal dan lancar.

Baca Juga

Komentar