KPK Usut Keterlibatan Keluarga SYL dalam Kasus Korupsi Kementan By BeritaSatu

 

KPK Usut Keterlibatan Keluarga SYL dalam Kasus Korupsi Kementan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 25, 2023
Mantan Menteri Pertanian
Mantan Menteri Pertanian

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memastikan mengusut dugaan keterlibatan keluarga mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo alias SYL dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). Pengusutan dilakukan guna membuktikan benar atau tidaknya dugaan tersebut.

Total ada tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah SYL, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta (MH) dan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono (KS).

"Keluarga SYL bagaimana peran keterkaitannya? Kalau mengenai nama keluarga tentunya ini juga akan didalami," ucap Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Tanak menekankan, tiap pihak yang diduga terlibat dalam kasus korupsi akan diproses oleh KPK. Dia menyebut, KPK memiliki pengalaman menangani kasus dugaan korupsi yang turut melibatkan anggota keluarga.

"Ada bapaknya dahulu sebagai bupati, kemudian diproses, anaknya juga diproses. Di sini ada juga suami istri kemudian diproses," tutur Tanak.

Tanak menegaskan, KPK tak ambil pusing dengan status keluarga seseorang. Dia menekankan, KPK akan memproses siapa pun yang memang terbukti terlibat kasus korupsi.

"Sepanjang cukup bukti untuk memenuhi unsur-unsur pasal yang akan disangkakan," ujar Tanak.

Diketahui, selain pemerasan, ada dugaan gratifikasi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) di lingkungan Kementan yang turut diusut lebih lanjut oleh KPK. Penyidikan KPK masih terus berjalan untuk mengusut kasus tersebut.

KPK telah menggeledah sejumlah lokasi dalam rangka penyidikan kasus tersebut, seperti di rumah dinas SYL hingga kantor Kementan. Berbagai bukti berhasil diamankan KPK mulai dari uang tunai hingga dokumen.

Selain itu, KPK juga telah mencegah sejumlah pihak untuk bepergian ke luar negeri terkait penyidikan kasus Kementan. Mereka terdiri dari SYL, sejumlah anggota keluarganya, hingga beberapa pejabat di lingkungan Kementan

Baca Juga

Komentar