Pilihan

Martabak HAR Palembang, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi By BeritaSatu

 

Martabak HAR Palembang, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicicipi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 4, 2023
Martabak HAR Palembang.
Martabak HAR Palembang.

Jakarta, Beritasatu.com - Palembang kota yang kaya akan budaya dan kuliner eksotisnya, telah lama menjadi destinasi wisata bagi wisatawan dari dalam dan luar daerah. Namun, kunjungan ke Palembang tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner legendaris yang telah menjadi kebanggaan kota ini.

Salah satu kuliner yang harus ada dalam daftar wisata kuliner Anda adalah Martabak HAR, sebuah hidangan yang telah ada sejak tahun 1947.

Martabak HAR, kuliner legendaris Palembang ini, bukanlah hal yang asing bagi penduduk setempat. Bahkan, tokoh-tokoh terkenal seperti Mantan Kapolri dan sekarang Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, serta artis ternama seperti Dewi Perssik dan Aldi Taher, pernah datang ke Palembang hanya untuk menikmati kelezatan Martabak HAR.

Nama Martabak HAR sendiri diambil dari nama pencetus pertamanya, Haji Abdul Rozak, yang kemudian disingkat menjadi HAR. Haji Abdul Rozak adalah seorang warga negara India yang merantau ke Palembang dan mendirikan usaha Martabak HAR pada tanggal 7 Agustus 1947.

Meskipun terbilang sederhana dalam bahan-bahan dan proses pembuatannya, Martabak HAR memiliki cita rasa yang luar biasa. Proses pembuatannya melibatkan adonan tepung yang dibentuk tipis dan lebar dengan tangan terampil. Setelah itu, kulit Martabak HAR diisi dengan telur ayam, telur bebek, sayuran, dan cincangan daging sesuai dengan permintaan konsumen.

Salah satu hal yang membuat Martabak HAR begitu istimewa adalah kuah kari khasnya yang memiliki cita rasa unik. Kuah kari ini dibuat berdasarkan resep turun temurun dan menjadi ciri khas Martabak HAR. Menurut pemilik Martabak HAR, Budi Rianto, rasa Martabak HAR sendiri tidak jauh berbeda dengan Martabak India yang dijual oleh pedagang lain. Yang membedakan adalah kuahnya yang mengandung rempah-rempah dan bumbu khas turun temurun.

Martabak HAR disajikan dengan siraman kuah kari yang kental, yang diperoleh dari bahan utama seperti kentang. Harga Martabak HAR juga sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Palembang. Satu porsi Martabak HAR dengan telur ayam dihargai sekitar Rp 25.000, sementara telur bebek sekitar Rp 35.000 dan sayuran sekitar Rp 40.000 Untuk porsi spesial, harganya sekitar Rp 60.000.

Pengunjung dari luar Palembang, seperti Aris, mengungkapkan kelezatan Martabak HAR yang sulit untuk ditolak. Kuah kari yang disiram dengan cabai dan kecap asin semakin menambah cita rasa istimewa kuliner legendaris ini. Aris juga menyatakan bahwa Martabak HAR memiliki daya tarik unik yang berbeda dari martabak lainnya, dan dia sangat menyukai hidangan yang gurih ini.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi langsung Martabak HAR, Anda dapat menemukannya di Jalan Sudirman, dekat Simpang Jalan Rustam Effendi. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan kuliner legendaris Palembang ini saat mengunjungi kota ini. Martabak HAR akan memanjakan lidah Anda dengan rasa yang tak terlupakan dan memuaskan selera Anda.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek