Moeldoko: Presiden Jokowi Jaga Iklim Investasi yang Kondusif By BeritaSatu.

 

Moeldoko: Presiden Jokowi Jaga Iklim Investasi yang Kondusif

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Kepala Staf Kepresidenan
Kepala Staf Kepresidenan

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko menyatakan iklim investasi di Indonesia saat ini tumbuh dengan baik. Diakui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah berupaya untuk menjaga iklim investasi yang kondusif.

"Caranya dengan memelihara stabilitas ekonomi dan politik, pengembangan sistem logistik dan penyederhanaan regulasi," katanya dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk "Peluncuran Capaian Kinerja 2023" di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Mantan Panglima TNI tersebut mengamini sebagian investasi, khususnya pengadaan alutsista ada yang menggunakan skema transfer of technology (TOT). Skema ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan industri pertahanan Indonesia.

"Ada skema yang mengarah ke TOT, khususnya di industri alutsista itu sangat clear ya, bagaimana kalau kita menggandeng perusahaan asing dan berikutnya memberikan komitmen untuk TOT, itu sering terjadi. Namun, ada juga investasi yang bersifat murni," papar dia.

Moeldoko menerangkan, pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan perusahaan asing untuk mengembangkan industri pertahanan Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan produk alutsista yang berkualitas dan kompetitif di pasar internasional.

Kemudian, lanjut dia, Pemerintah Indonesia telah menerima komitmen dari pemerintah Tiongkok untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ditekankannya, pemerintah Indonesia menyambut baik kerja sama dengan Tiongkok dalam pembangunan IKN tersebut. Kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan IKN dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Yang jelas dari Pemerintah Tiongkok memberikan perhatian untuk terlibat dalam pembangunan IKN," paparnya.

Baca Juga

Komentar