Para Pemimpin Dunia Bertemu di Mesir Bahas Konflik Gaza, AS dan Israel Absen - inews

 

Para Pemimpin Dunia Bertemu di Mesir Bahas Konflik Gaza, AS dan Israel Absen

By Anton Suhartono
inews.id
October 21, 2023
Para pemimpin serta pejabat dari berbagai negara akan mengikuti KTT Perdamaian Kairo
Para pemimpin serta pejabat dari berbagai negara akan mengikuti KTT Perdamaian Kairo

KAIRO, iNews.id - Para pemimpin serta pejabat dari banyak negara akan mengikuti KTT Perdamaian Kairo yang digelar di Mesir, Sabtu (21/10/2023). Delegasi akan fokus membahas konflik Israel-Palestina.

Konferensi internasional tersebut akan membahas berbagai upaya untuk meredakan konflik yang tengah berlangsung antara para penjuang Gaza dengan Israel.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Sameh Shoukry mengatakan, pertemuan tersebut bukan hanya bertujuan untuk mewujudkan deeskalasi, tapi juga membahas bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Mesir memegang peranan penting dalam menengahi koflik Gaza-Israel seperti terjadi sebelumnya. Namun konflik terbaru ini jauh lebih besar daripada sebelumnya.

Sementara itu perwakilan dari Amerika Serikat (AS) dan Israel diperkirakan tidak hadir dalam KTT. Para pemimpin Timur Tengah, Eropa, Afrika Selatan, Jepang, dan Inggris menyatakan kehadiran.

Para pemimpin dunia yang dilaporkan hadir adalah Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Raja Yordania Abdullah, Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, Putra Mahkota Kuwait Syekh Meshal Al Ahmad Al Sabah, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, Presiden Siprus Nikos Christodoulides, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Sementara para pejabat yang juga akan mengikuti KTT adalah Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, Menlu Perancis Catherine Colonna, Menlu Jepang Yoko Kamikawa, Menlu Inggris James Cleverly, Menlu Norwegia Espen Barth Eide, Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov, dan Utusan China untuk Timur Tengah Zhai Jun.

Pimpinan lembaga internasional yang akan hadir adalah Sekjen PBB Antonio Guterres, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar