Pilihan

PUPR Anggarkan Rp1,64 Triliun untuk Pembebasan Lahan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami - inews

 

PUPR Anggarkan Rp1,64 Triliun untuk Pembebasan Lahan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami

By Iqbal Dwi Purnama
inews.id
October 17, 2023
Ilustrasi jalan tol JORR layang Cikunir-Ulujaminyang akan dibangun
Ilustrasi jalan tol JORR layang Cikunir-Ulujaminyang akan dibangun

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyetujui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir Ulujami sepanjang 21,6 km. Pihaknya pun menyiapkan Rp1,64 triliun untuk pembebasan lahannya.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian PUPR, Miftachul Munir proyek tersebut akan segera masuk proses pembebasan lahan tahun ini. Rencanannya proses ini akan berlangsung selama 12 bulan hingga akhir 2024 mendatang.

"Pembangunan tol JORR Elevated dengan total panjang mencapai 21,6 km dengan biaya investasi Rp21,26 triliun dengan masa konsesi 45 tahun terhitung sejak penerbitan surat perintah mulai kerja," katanya di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Munir menjelaskan nilai investasi sebesar Rp21,26 triliun itu termasuk biaya untuk pemebasan lahan yang nantinya akan dibangun tiang-tiang penyangga jalur eleveted atau layang. Sedangkan anggaran yang disiapkan untuk pengadaan lahan Cikunir - Ulujami yaitu Rp1,64 triliun.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

"Toll JORR Elevated merupakan KPBU atas prakarsa badan usaha atau unsolicited. Lingkup pengusahan jalan tol ini adalah melaksanakan kegiatan pendanaan, termasuk pendanaan pengadaan tanah, perencanaan teknik, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan untuk keseluruhan jalan tol," tutur Munir.

Sebagai proyek KPBU Unsolicited, pemenang lelang Jalan Tol JORR Elevated Cikunir - Ulujami telah ditetapkan berdasarkan Surat Menteri PUPR pada tanggal 12 Juli 2023 yang diprakarsai oleh Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Acset Indonusa Tbk yang kemudian membentuk BUJT PT Jakarta Metro Exspressway.

Direktur Utama PT Jakarta Metro Ekspressway Omar Dani Hassan mengatakan, proyek JORR Elevated Cikunir-Ulujami ini merupakan salah satu proyek pembangunan jalan tol yang cukup besar saat ini di Jakarta.

“Di dalam menjalankan investasi di bidang infrastruktur, pengelolaan aspek environmental, social, and governance (ESG) berperan penting hampir diseluruh proses, baik di masa pembangunan sampai dengan pengoperasiannya yang bertujuan untuk membangun konektivitas masa depan," ucapnya.

JORR Elevated akan dibangun dengan struktur full elevated di atas JORR eksisting dengan jumlah lajur 2x2 selebar 3,5 meter. Jalan tol ini akan memiliki 3 on/off ramp yaitu on/off ramp yang tekoneksi dengan jalan arteri Pondok Indah, on/off ramp terkoneksi jalan arteri Bampu Apus, serta off ramp terkonseksi jalan Tol Jagorawi.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek