Pilihan

Ultimatum Israel 6 Jam Buat Warga Gaza Mengungsi Sudah Selesai By CNN Indonesia

Ultimatum Israel 6 Jam Buat Warga Gaza Mengungsi Sudah Selesai

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Ilustrasi. Tentara-tentara Israel dengan tank mereka di dekat perbatasan Gaza, Rabu (11/10). (AP/Ohad Zwigenberg)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tenggat waktu yang diberikan Israel buat warga meninggalkan Gaza, Palestina selama enam jam telah selesai, Sabtu (14/10).

Mengutip dari CNN, tenggat waktu yang diberikan militer Israel (IDF) bagi warga sipil di Palestina untuk melakukan evakuasi dari Gaza ke arah selatan telah berakhir pada  pukul 16.00 waktu setempat (sekitar pukul 20.00 WIB).

Militer Israel ingin memburu milisi Hamas yang berada di jalur Gaza itu.

Sebelumnya, dalam pernyataan yang dibagikan juru bicara IDF di media sosial X, pemberian waktu evakuasi itu dilakukan demi keselamatan warga di Jalur Gaza. Namun, mengutip dari CNN, belum jelas bagaimana  pesan itu tersebar luas karena listrik dan internet yang mati di wilayah Gaza.

Ultimatum itu dilakukan sehari setelah sekitar 1,1 juta orang yang tinggal di wilayah Gaza utara diperingatkan IDF untuk melakukan evakuasi dari rumah-rumah mereka.

"Kami mempersiapkan untuk fase selanjutnya," ujar juru bicara IDF Letkol Richard Hecht tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut pada Sabtu pagi waktu setempat.

Pernyataan Hecht  itu diperkuat beredarnya video Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengunjungi basis militer di luar Jalur Gaza pada Sabtu tadi.

"Kalian siap untuk tahap selanjutnya? Tahap selanjutnya akan datang," demikian pernyataan Netanyahu dalam video yang disebar kantornya seperti dikutip dari Reuters.

Namun, tak dijelaskan apa yang dimaksud dengan tahap selanjutnya. Militer Israel dengan alutsista komplet sudah bersiaga di luar jalur Gaza itu.

Sejak kemarin gelombang besar-besaran warga Gaza yang berpindah dari wilayah utara ke selatan Gaza juga mulai terjadi. Warga sipil berdesakan di dalam mobil, taksi, truk, bahkan gerobak yang ditarik dengan keledai.

Perintah evakuasi ini seiring pengerahan pasukan dan peralatan militer Israel ke perbatasan, dan serangan bom tiada henti ke wilayah Gaza.

Israel telah mengerahkan ratusan ribu tentara dan peralatan militer ke perbatasan untuk mengepung Gaza. Namun tidak diketahui jenis operasi apa yang disiapkan IDF, maupun kapan operasi itu akan dilakukan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek