Pilihan

Wapres Ma’ruf Amin Tanggapi Gibran Cawapres Prabowo, Ajak Aparat Negara Netral - inews

 

Wapres Ma’ruf Amin Tanggapi Gibran Cawapres Prabowo, Ajak Aparat Negara Netral

By Binti Mufarida
inews.id
October 24, 2023
Wapres Ma
Wapres Ma'ruf Amin mengajak aparat negara netral usai Gibran jadi cawapres Prabowo.

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin merespons putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, menjadi cawapres Prabowo Subianto. Dia meminta aparat negara di pusat hingga daerah netral.

“Kita mengajak semua jajaran untuk terlibat soal Pemilu bertindak sesuai aturan, kemudian bersikap netral dan tidak memihak dengan siapa pun. Baik itu tentu pemerintah daerah sampai ke bawah, dari pihak keamanan, pihak penyelenggara pemilu dan juga badan pengawasnya supaya bekerja dengan baik, itu,” kata Wapres dalam keterangannya usai menghadiri acara di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/10/2023).

Tidak hanya itu, Wapres juga meminta seluruh penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu, hingga pihak keamanan untuk netral.

Dia juga meminta pimpinan partai politik (parpol) harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh penyelenggara Pemilu.

“Kemudian juga para kontestannya sendiri para relawan-relawannya supaya juga jangan melampaui batas,” katanya.

“Kalau semua berjalan di atas aturan, saya kira akan berjalan dengan jujur dan adil. Nah, pengawas supaya lebih tegas siapa yang melanggar cepat diberi peringatan. Saya kira itu. dan saya mengajak supaya semua patuh pada aturan main yang sudah disepakati,” tuturnya.

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

Sekadar informasi, Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah memutuskan Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024. Keputusan diambil setelah para ketum parpol yang tergabung di KIM mengadakan rapat di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

"Kita telah berembuk secara final, secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Menurutnya, keputusan itu disepakati oleh semua elite parpol yang telah tergabung dalam KIM. Prabowo membacakan putusan itu bersama para pimpinan Parpol KIM.

"Saya kira itu pengumuman yang telah ditunggu-tunggu, ini keputusan aklamasi dan konsensus," katanya.

Prabowo menambahkan, dia bersama Gibran bakal mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023) mendatang.

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek