Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

5 Surga Tersembunyi di Dieng, Salah Satunya Ada Desa Kecil yang Cantik Suka Tertutup Kabut - inews

5 Surga Tersembunyi di Dieng, Salah Satunya Ada Desa Kecil yang Cantik Suka Tertutup Kabut

By Vien Dimyati
inews.id
November 7, 2023
Surga Tersembunyi di Dieng
Surga Tersembunyi di Dieng

JAKARTA, iNews.id - Surga tersembunyi di Dieng harus dikunjungi sekali dalam seumur hidup. Dieng merupakan dataran tinggi di Jawa Tengah yang terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa.

Ada banyak pemandangan menakjubkan yang bisa dinikmati di sana. Di antara tempat-tempat yang paling terkenal di Dieng adalah Telaga Warna dan Kawah Sikidang. Telaga Warna memiliki air yang berbeda-beda warnanya seperti hijau, biru, dan kuning, tergantung dari sudut pandang matahari pada waktu tertentu.

Sedangkan Kawah Sikidang memiliki tanah berwarna putih abu-abu dan sering mengeluarkan uap belerang. Selain itu, Dieng juga memiliki pemandangan indah di sekitar area Candi Arjuna dan Candi Bima. Anda bisa menikmati panorama pegunungan dan hamparan sawah yang hijau luas dari atas sini. Tentu saja, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Dieng tanpa mencoba makanan khasnya, yaitu Mie Ongklok dan Lemper. Kedua makanan ini sangat lezat dan wajib dicoba oleh wisatawan yang baru pertama kali ke Dieng.

Namun, di balik keindahan alam di Dieng ada surga tersembunyi yang harus diketahui. Penasaran di mana saja surga tersembunyi tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (7/11/2023).

Surga Tersembunyi di Dieng

1. Bukit Scooter

Bukit Scooter merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi saat berada di Dieng. Bukit ini merupakan tempat alternatif melihat sunrise. Dari Bukit Scooter, Anda bisa melihat keindahan kawasan Dieng dari atas. Candi Arjuna akan terlihat jelas dari sini. Asap dari Kawah Sikidang pun tampak membumbung tinggi. Di bukit ini sudah ada gazebo dan menara setinggi tiga meter yang bisa dinaiki dua orang.

Pemandangan gunung-gunung seperti Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pangonan, Gunung Pakuwaja, Gunung Prau, Gunung Sipandu, dan Gunung Bisma seakan memagari permukiman penduduk. Berhiaskan bukit-bukit kecil, telaga-telaga, dan candi-candi Hindu yang berselimut kabut. Saat malam dan cuaca sedang cerah, jangan lewatkan menikmati taburan bintang yang terlihat indah di atas langit Dieng. Bukit Scooter berada di Dieng Kulon. Lokasinya dekat dengan beberapa penginapan, rumah makan, dan spot petualangan lainnya.

2. Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan danau terluas di dataran tinggi Dieng. Luasnya mencapai 21 hektare. Telaga ini terletak di antara dua bukit yang cukup terjal, yaitu Bukit Sumurup dan Panongan. Ada lahan berundak di sekitarnya yang digunakan sebagai lahan perkebunan kentang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin self healing karena udaranya asri dan lokasinya cukup sepi. Telaga Merdada terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

3. Desa Tieng

Singgah ke dataran tinggi Dieng, Anda harus singgah ke Desa Tieng. Desa terpencil ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut. Keunikan dari desa ini adalah kerap terselimuti kabut. Di sini juga terdapat gardu pandang untuk melihat lanskap desa dan perbukitan di sekelilingnya. Selain itu, Gardu Pandang Tieng juga menyuguhkan pemandangan luar biasa memesona dari deretan gunung. Di antaranya Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tempat ini juga menjadi lokasi terbaik menikmati golden sunrise.

4. Padang Savana Dieng

Tidak lengkap rasanya jika ke Dieng tanpa berkunjung ke Padang Savana. Berada di sini, Anda akan merasakan suasana seperti negeri dongeng. Sejauh mata memandang Anda hanya melihat padang rumput hijau yang diapit perbukitan dan gunung-gunung tinggi. Untuk menikmati suasana negeri dongeng ini, Anda bisa berkunjung ke kawasan wisata Dieng Plateau, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur.

5. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan salah satu surga tersembunyi lainnya yang harus dikunjungi saat ada di Dieng. Berada di sini, Anda dapat memandang lanskap Telaga Warna yang menawan dari ketinggian. Apalagi jika matahari sudah naik, bias sinar matahari akan membuat Telaga Warna menghasilkan warna menakjubkan. Tak hanya Telaga Warna yang dapat dilihat dari atas bukit Batu Ratapan Angin. Anda juga akan melihat Telaga Pengilon yang pemandangan airnya jernih sebening cermin. Berada di sini, jangan lewatkan untuk membawa kamera. Sebab, ada banyak spot menarik untuk diabadikan di sini. Jalur akses menuju Batu Ratapan Angin sangat mudah, apalagi jika sudah berada di kawasan wisata Telaga Warna yang terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Anda cukup mengikuti jalur kanan atau di sebelah selatan Telaga Warna. Letaknya dekat dengan Dieng Plateau Theater.

Itulah seputar surga tersembunyi di Dieng yang bisa dijelajahi. Anda harus singgah ke beberapa destinasi tersebut sekali dalam seumur hidup. Selamat berkunjung!

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek