Baru Menang Pilpres, Presiden Terpilih Argentina Pro-Israel Langsung Terbang ke AS - inews

Baru Menang Pilpres, Presiden Terpilih Argentina Pro-Israel Langsung Terbang ke AS Presiden terpilih Argentina, Javier Milei. (Foto: Reuters)

BUENOS AIRES, iNews.id – Presiden terpilih ArgentinaJavier Milei, bakal mengunjungi Amerika Serikat. Hal itu diungkapkannya di media sosial pada Senin (27/11/2023, sepekan pascakemenangannya di Pilpres 2023.

“Kami akan pergi ke AS,” cuit Milei di platform X (sebelumnya Twitter).

Dalam kunjungannya ke AS, Milei dikabarkan akan bertemu dengan perwakilan Pemerintah AS dan Dana Moneter Internasional (IMF). Pertemuannya dengan mereka kemungkinan akan membahas upaya pemulihan ekonomi Argentina yang saat ini begitu terpuruk.

Pada Senin (20/11/2023) pekan lalu, Milei—seorang politikus libertarian sayap kanan—memenangkan pilpres putaran kedua di Argentina. Dia secara resmi akan mulai menjabat pada 10 Desember. 

Selama kampanyenya, Milei menentang bergabungnya Argentina dengan BRICS. Dia juga menolak untuk bekerja sama dengan China, Brasil, dan Rusia, serta menganjurkan kebijakan luar negeri yang berorientasi pada Israel dan Amerika Serikat. 

Argentina saat ini sedang menghadapi krisis ekonomi yang parah, dengan inflasi yang melonjak sebesar 120 persen sejak awal 2023. Milei dan kandidat pesaingnya di Pilpres 2023, Sergio Massa, memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang cara mengatasi masalah tersebut.

Milei menganjurkan “dolarisasi” ekonomi negara Amerika Latin itu. Sementara Massa, sebaliknya, siap bekerja sama dengan semua negara untuk menyelesaikan krisis dan bergabung dengan BRICS agar bisa meminjam uang dari BRICS New Development Bank. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:

Baca Juga

Komentar