Pilihan

Ciri-ciri Orang Kesepian dan Cara Mencegahnya - Beritasatu

Ciri-ciri Orang Kesepian dan Cara Mencegahnya

Selasa, 21 November 2023 | 21:19 WIB
Penulis: Annisa Maulida Abidin | Editor: TCE
Ilustrasi foto kesepian.
Ilustrasi foto kesepian. (Freepik / Freepik)

Jakarta, Beritasatu.com - Ada kalanya seseorang menginginkan ruang untuk dirinya sendiri, tanpa ada gangguan dari siapa pun. Namun, tidak baik dilakukan terlalu sering atau berkelanjutan yang akan menyebabkan orang merasa kesepian. Bahkan, akan berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

ADVERTISEMENT

Menurut penelitian American Psychiatric Association dikutip dari laman University of California San Diego, mengatakan kesepian adalah perasaan yang subjektif, dialami secara internal.

Penelitian tersebut mengatakan hampir dua pertiga melaporkan dengan kondisi kesepian sedang, 22% melaporkan mengalami kesepian yang tinggi, dan 15% merasakan kesepian rendah.

Penelitian juga mengungkapkan kesepian adalah masalah kesehatan masyarakat yang semakin meningkat, dan penting untuk mengidentifikasi penyebab utama kesepian pada lansia.

ADVERTISEMENT

National Library of Medicine menyatakan 80% perasaan kesepian dirasakan oleh usia di bawah 18 tahun, dan 40% orang dewasa berusia di atas 65 tahun. Sementara, sebanyak 15% hingga 30% populasi umum, kesepian adalah kondisi yang kronis.

BACA JUGA

Terkadang bagi sebagian orang tidak sadar sedang mengalami kesepian, dan mereka baru menyadari ketika sudah sampai pada keadaan yang kronis. Untuk mencegah hal itu terjadi, penting untuk mengenali ciri-ciri kesepian dan cara mengatasinya berikut ini.

Ciri-Ciri Kesepian

Selalu Sibuk
Selalu sibuk merupakan salah satu ciri orang yang merasa kesepian. Selalu menyibukkan diri dengan pekerjaan, untuk menghindari berhubungan dengan orang lain.

Isolasi Sosial
Seseorang yang merasa kesepian cenderung mengisolasi diri dari kehidupan sosial, mereka menghindari interaksi sosial, dan lebih nyaman saat sendiri.

Sering Belanja
Menurut Journal of Consumer Research menyatakan, beberapa orang yang merasa kesepian secara emosional lebih sering meluangkan waktunya untuk berbelanja. Hal itu untuk menutupi kurangnya hubungan dengan orang lain.

BACA JUGA

Perasaan Terisolasi
Perasaan terisolasi atau merasa terpisah dan tidak terlibat saat berada dilingkungan mana pun. Meski pada kenyataannya hal itu belum tentu terjadi.

Tertutup
Orang yang merasa kesepian terkadang secara tidak sadar menutup dirinya dari orang lain. Mereka takut terbuka dengan orang lain, karena takut dikritik atau dihakimi, dan merasakan kecemasan yang berlebihan.

Rendahnya Percaya Diri
Seseorang yang kesepian memiliki percaya diri yang rendah, terkadang merasa dirinya tidak berharga, dan tidak layak mendapatkan kasih sayang. Mereka akan selalu merasa tidak cukup dengan kemampuan dirinya.

Sulit Mengungkapkan Emosi
Seseorang yang kesepian cenderung menutup dirinya dari orang lain, dan hal itu juga membuat orang tersebut sulit untuk mengungkapkan, menyatakan emosi, atau berbagi perasaannya.

Mudah Merasa Lelah
Ciri-ciri terakhir orang yang kesepian adalah merasa cepat lelah saat berada di lingkungan yang ramai. Mereka akan mengalami rasa lelah yang berlebihan, bahkan saat sudah beristirahat dengan cukup setiap harinya.

Cara Mencegah Kesepian

- Mencoba mengurangi kesibukan dengan bersosialisasi, seperti menjadwalkan janji temu dengan keluarga terdekat, atau teman.

- Belajar untuk membuka diri kepada orang lain dengan memilih salah satu orang yang dapat dipercaya untuk menceritakan kekhawatiran dan kekurangan.

- Mencoba untuk bersosialisasi secara langsung dan kurangi sosialisasi secara online.

BACA JUGA

- Mencoba bergabung dengan suatu kelompok baik berdasarkan agama, hobi, spiritualitas, atau minat yang dapat membantu mengisi kekosongan.

- Mengapresiasikan diri sendiri, dengan cara menunjukan kebaikan dan berbuat baik pada diri sendiri, atau membeli hadiah untuk diri sendiri.

- Lawan rasa malu, takut, dan bersalah dengan cara membiasakan diri untuk berbincang bersama orang lain.

- Ekspresikan diri dengan membuat jurnal, memo, atau diungkapkan dengan karya seni.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek