Diduga Korsleting Listrik, 2 Rumah Dinas Perwira TNI AD di Pontianak Hangus Terbakar - Beritasatu

Diduga Korsleting Listrik, 2 Rumah Dinas Perwira TNI AD di Pontianak Hangus Terbakar

Kamis, 23 November 2023 | 18:30 WIB
Penulis: Andriadi Perdana Putra | Editor: RZL
Dua rumah dinas perwira TNI AD Kodam XII Tanjungpura di Jalan Palapa, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mengalami kebakaran hebat pada Kamis, 23 November 2023.
Dua rumah dinas perwira TNI AD Kodam XII Tanjungpura di Jalan Palapa, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mengalami kebakaran hebat pada Kamis, 23 November 2023. (Beritasatu.com / Andrie P Putra)

Pontianak, Beritasatu.com - Dua rumah dinas perwira TNI AD Kodam XII Tanjungpura di Jalan Palapa, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mengalami kebakaran hebat pada Kamis (23/11/2023) siang.

ADVERTISEMENT

Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Inf Ade Rizal, mengungkapkan bahwa kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh korsleting arus listrik, terjadi di salah satu rumah dinas yang terbakar.

BACA JUGA

"Dari keterangan pihak keluarga, kemungkinan itu disebabkan oleh korsleting listrik di teras rumah," katanya.

ADVERTISEMENT

Ade Rizal menjelaskan bahwa api cepat membesar setelah percikan awal, dan karena angin kencang, api segera merambat ke bagian rumah yang berbentuk bangunan kopel. Hanya dua rumah dinas anggota berpangkat perwira yang terbakar.

Saat kejadian, salah satu rumah dalam keadaan kosong, sedangkan satu rumah lainnya berpenghuni. Namun, upaya memadamkan api terhambat karena kondisi angin kencang.

"Tidak keburu memadamkan tadi. Menjelang hujan, kondisi angin cukup kencang. Pemadam kebakaran tiba, tapi sudah terlambat," jelas Ade Rizal.

Belasan armada pemadam kebakaran tiba sekitar 30 menit setelah api mulai membakar kedua bangunan. Api berhasil dipadamkan setelah satu jam kemudian.

BACA JUGA

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan penghuni yang berada di salah satu rumah berhasil menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Ade Rizal menambahkan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran dan menghitung kerugian materil yang ditimbulkan.

"Ke depan, akan kita renovasi menunggu anggaran tahun depan," pungkas Ade Rizal.

Baca Juga

Komentar