Pilihan

Kampung Unik di Probolinggo, di Desa Kecilnya Ada Air Terjun Abadi yang Cantik saat Muncul Pelangi - inews

Kampung Unik di Probolinggo, di Desa Kecilnya Ada Air Terjun Abadi yang Cantik saat Muncul Pelangi

By Vien Dimyati
inews.id
November 20, 2023
Kampung Unik di Probolinggo
Kampung Unik di Probolinggo

Fenomena Pelangi

Destinasi wisata alam ini masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Penamaan Madakaripura sendiri berasal dari tiga kata. Mada diambil dari nama Gajah Mada, Kari artinya peninggalan, dan Pura memiliki makna tempat semedi. Salah satu pesona yang terkenal dari Air Terjun Madakaripura adalah fenomena pelangi. Derasnya air yang jatuh menghasilkan butiran-butiran air, memantulkan cahaya matahari dan membiaskannya menjadi pelangi.

Air terjun yang mengalir tak hanya di air terjun utama, juga dari pinggiran tebing yang menyempit. Sementara, air terjun utamanya berada di tiga tebing yang mempunyai debit air cukup deras. Air yang jatuh dari atas berkumpul di kolam sempit yang hanya berdiameter 25 meter. Suasana magis kian terasa ketika tebing-tebing yang ada seolah mencegah sinar matahari masuk. Pada musim hujan, debit air dapat berubah sewaktu-waktu.

Kunjungan ke air terjun bisa saja ditutup ketika hujan lebat karena rawan longsor dan banjir. Jika ingin berkunjung di musim hujan, sebaiknya pantau kondisi cuaca terlebih dulu. Air Terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang. Jarak dari pusat Kota Probolinggo sekitar 37 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit. Untuk mencapai lokasi, sebaiknya membawa kendaraan pribadi karena letaknya agak jauh dari jalan utama.

Kondisi jalannya pun cukup menyulitkan, karena harus melewati jalanan berbatu. Anda harus melewati tebing di sisi kiri, dan jurang di sisi kanan. Fasilitas seperti toilet, kamar mandi, toko suvenir dan musala hanya ada di sekitar pos retribusi. Selebihnya sampai air terjun utama, tidak ada fasilitas apa pun. Air Terjun Madakaripura mulai buka pukul 07.00 WIB - 16.00 WIB. Tarif tiketnya Rp11.000 saat hari biasa, Rp13.000 saat hari libur, dan Rp21.000 untuk wisatawan asing.

Itulah seputar kampung unik di Probolinggo yang bisa dijelajahi. Selamat berkunjung!

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek