Kampung Unik di Purwokerto, di Desa Kecilnya Ada Telaga Sunyi Pengunjung Dilarang Bicara Kasar! - inews

Kampung Unik di Purwokerto, di Desa Kecilnya Ada Telaga Sunyi Pengunjung Dilarang Bicara Kasar!

By Vien Dimyati
inews.id
November 20, 2023
Kampung unik di Purwokerto
Kampung unik di Purwokerto

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Purwokerto sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desanya yang ada di Sumbang, dijamin akan membuat siapa saja betah untuk berkunjung.

Ya, kampung unik tersebut bernama Desa Limpakuwus yang menyimpan pemandangan menakjubkan Telaga Sunyi. Kawasan di telaga ini masih asri dan sejuk. Airnya jernih hingga terlihat batuan di dasarnya.

Penasaran, ingin tahu seperti apa kampung unik di Purwokerto yang bisa dijelajahi? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (23/10/2023).

Kampung Unik di Purwokero

Kampung unik ini berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Tempat ini menawarkan atmosfer yang sunyi dan berbeda dari tempat-tempat lain. Nama Telaga Sunyi dipilih karena dahulu sering digunakan untuk bertapa atau menyendiri. Salah satu mitos yang paling terkenal dan menarik di Telaga Sunyi adalah jika seseorang mengumpat atau menggunakan kata-kata kasar, mereka akan didorong oleh makhluk halus ke dasar sungai.

Telaga Sunyi menawarkan keindahan di kesunyian. Cocok untuk Anda yang ingin melepas penat. Telaga ini dikelilingi bebatuan di sekitarnya. Terdapat tebing yang di tengahnya mengalir air yang begitu jernih. Aliran air ini berasal dari sumber mata air di Gunung Slamet. Pepohonan hijau seperti damar dan pinus membuat suasana telaga terasa sejuk. Air di Telaga Sunyi berwarna biru tosca, bening dan menyegarkan. Anda bahkan dapat melihat hingga ke dasarnya. Kedalamannya mencapai tiga meter. Pemandangan di dasarnya tak kalah menawan.

"Panas-panas berenang di sini seger nih! Kalau di Bogor ada Leuwi Baliung, kalo di Purwokerto ada Telaga Sunyi. Di sini visibility dan dingin airnya jauh dari baliung jadi gak bisa tahan napas lama-lama keburu gemeter menggigil. Fyi jadi di sini tuh ada dua kolam dan ada sedikit celah dengan arus kecil yang menghubungkan kedua kolam tersebut, kalian mesti coba berendam dan berenang di sini dengan air yang berwarna biru jernih. Nah sekarang saat yang tepat banget buat kalian yang mau coba ke sana," tulis Instagram @ayodolan.

Jika Anda menyukai kegiatan di bawah air, bisa langsung berenang dan merasakan kesegaran airnya. Jajaran batu yang ada di dasar telaga bisa menjadi spot cantik jika Anda ingin berswafoto di dalam air. Namun, Anda harus tetap waspada jika mendung atau turun hujan, sebaiknya segera beranjak dari telaga.

Di sini disediakan tempat ganti dan bilas untuk pengunjung yang berenang. Ada juga musala. Namun, tidak banyak penjual makanan, hanya beberapa saja di dekat area parkir dan depan gerbang. Berlokasi sekitar 3 km dari objek wisata Baturraden, Anda bisa ke sini hanya dalam waktu 15 menit.

Akses jalan menuju Telaga Sunyi cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan beroda empat atau roda dua. Untuk bisa mencapai ke telaga, Anda hanya perlu berjalan kaki dari area parkiran.

Akan ada jalan setapak dengan pemandangan indah seperti anak sungai yang jernih dan bersih, serta area persawahan yang terlihat cantik. Tiket masuknya terjangkau, Rp13.000 per orang. Sementara parkirnya Rp3.000 per motor dan Rp5.000 per mobil.

Itulah kampung unik di Purwokerto yang bisa dijelajahi. Selamat berkunjung!

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar