Pilihan

Kemlu Evakuasi Satu Keluarga WNI dari Gaza, Dibawa Keluar Lewat Perbatasan Mesir - inews

Kemlu Evakuasi Satu Keluarga WNI dari Gaza, Dibawa Keluar Lewat Perbatasan Mesir

Kemlu Evakuasi Satu Keluarga WNI dari Gaza, Dibawa Keluar Lewat Perbatasan Mesir Kemlu berhasil mengevakuasi satu keluarga dari Gaza, Palestina (Foto: Kemlu)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengevakuasi satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Gaza Selatan, Palestina. Keluarga tersebut, terdiri dari satu suami, dua anak, dan satu istri.

Mereka kini telah berhasil dievakuasi lewat perbatasan Gaza dan Mesir. Keluarga itu kini berada di Mesir.

Menurut laporan dari Kemlu pada Minggu (12/11/2023), proses evakuasi ini memakan waktu yang cukup lama. 

Awalnya, nama keluarga tersebut tidak terdaftar dalam daftar evakuasi, sehingga membutuhkan waktu untuk memasukkan nama mereka ke dalam daftar. 

Setelah nama mereka masuk dalam list, evakuasi belum bisa dilakukan karena pintu perbatasan tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi lapangan.

"Proses panjang ini sekali lagi menunjukkan bahwa proses evakuasi sangat tidak mudah. Namun, upaya kita terus kita lakukan secara maksimal," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menlu Retno menjelaskan bahwa selama hampir satu minggu berada di Timur Tengah. Dia terus berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keadaan mereka baik. 

Menlu juga berupaya agar nama mereka dapat dimasukkan ke dalam daftar evakuasi dan berulang kali meminta pembukaan pintu perbatasan.

"Sekali lagi, hanya ada satu kata yang dapat diucapkan, alhamdulillah," katanya.

Dengan berhasilnya keluarga tersebut dievakuasi dari Gaza, kini dua keluarga Indonesia telah berada di luar wilayah tersebut.

Sementara tiga WNI masih tinggal di sekitar RS Indonesia di Gaza. Kemlu terus berkomunikasi dengan ketiga WNI tersebut dan perwakilan MER-C di Jakarta untuk memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik.

Kemlu juga menyampaikan apresiasi atas bantuan dan fasilitasi yang diberikan oleh berbagai pihak, yang telah mendukung kelancaran dan keselamatan proses evakuasi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


KOMENTAR

Artikel Terkait

Dukung Palestina, Coldplay Unggah Video Musik Lagu Freedom for Palestine

Dukung Palestina, Coldplay Unggah Video Musik Lagu Freedom for Palestine

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek