Pilihan

Mulai Hari Ini, Sebanyak 1,1 Juta Pelamar Ikuti Seleksi Kompetensi PPPK - Jawa Pos

Mulai Hari Ini, Sebanyak 1,1 Juta Pelamar Ikuti Seleksi Kompetensi PPPK

Jumat, 10 November 2023 | 10:08 WIB
Pelamar CPNS dan PPPK saat menunggu sesi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi PPPK. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
Pelamar CPNS dan PPPK saat menunggu sesi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi PPPK. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)

JawaPos.com - Seleksi Kompetensi PPPK secara resmi digelar secara bertahap mulai hari ini, Jumat (10/11). Seleksi kompetensi PPPK akan diikuti oleh sebanyak 1.128.028 pelamar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto selaku Wakil Ketua Pengarah Panselnas CASN 2023 memastikan kesiapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah matang mencapai 100 persen. Hal ini selaras dengan kesiapan yang juga telah dipersiapkan untuk Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS).

"Persiapannya sebetulnya sama dengan CPNS enggak ada yang beda. Tadi disampaikan kita punya beberapa titik lokasi di seluruh Indonesia. Insya Allah semuanya lancar dan siap 100 persen. Semoga tidak ada kendala baik teknis maupun non teknis," ujar Haryomo Dwi Putranto kepada awak media di Kantor BKN Jakarta, dikutip Jumat (10/11).

Dia menjelaskan, tahapan pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK akan dilaksanakan dengan berbasis Computer Assisted Test atau CAT BKN di 304 titik lokasi atau Tilok dalam negeri dan 62 tilok luar negeri. Sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas, pelaksanaan Seleksi Kompetensi bagi pelamar PPPK akan berlangsung hingga 04 Desember 2023 mendatang.

Baca Juga: Catat! Berikut Informasi Nilai Ambang Batas SKD CPNS 2023

Pelaksanaan ujian dengan metode CAT BKN akan memungkinkan masyarakat umum dapat melihat secara langsung perolehan nilai atau skor saat mengerjakan ujian selama pelaksanaan SKD dan Seleksi Kompetensi sebagai bentuk keterbukaan informasi publik BKN.

"Dengan begitu masyarakat luas dapat menyaksikan nilai peserta yang sedang mengikuti ujian secara langsung melalui laman youtube Official CAT BKN," jelasnya.

Meski begitu, BKN tetap mengimbau para pelamar seleksi agar tidak sekali-kali berkompromi apalagi bertransaksi dengan oknum yang mengklaim bisa meluluskan pelamar tanpa tahapan seleksi.

"Tindakan oknum dapat dicegah selama pelamar tidak tergiur tawaran meluluskan pelamar sebagai ASN oleh oknum yang mengatasnamakan instansi pemerintah tertentu dengan syarat sejumlah uang. Budaya buruk seperti ini dapat dicegah mulai dari masing-masing pelamar,” tutur Haryomo.

Baca Juga: Pengurus IKA UB 2023-2027 Resmi Dilantik, Ada Program Pendampingan tes CPNS

Secara terpisah, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK yang digelar hari ini, secara waktu akan lebih lama daripada SKD CPNS.

Menurutnya, peserta SKD CPNS diberi waktu 100 menit untuk mengerjakan soal-soal secara daring. Sementara para peserta Seleksi Kompetensi PPPK akan mengikuti tes hingga 130 menit.

"Kalau PPPK itu kan kita seleksinya manajer social cultural, karena mereka seleksinya yang pertama (tes CAT) plus wawancara. Waktunya sekitar 130 menit, jadi waktunya ada berbeda di situ," ujar Suharmen.

Tags

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Terpopuler

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek