Ogah Embargo Minyak, Saudi Sebut Syarat Normalisasi dengan Israel CNN Indonesia - CNN Indonesia

 

Ogah Embargo Minyak, Saudi Sebut Syarat Normalisasi dengan Israel

CNN Indonesia

CNN Indonesia

Rabu, 15 Nov 2023 17:48 WIB

Arab Saudi kembali menyebut syarat utama jika normalisasi Israel diwujudkan di tengah perang Israel vs Hamas.
Ilustrasi bendera Arab Saudi. (iStock/kutaytanir)

Jakarta, CNN Indonesia --

Arab Saudi kembali menyebut syarat utama jika normalisasi Israel diwujudkan di tengah perang Israel vs Hamas.

Saudi bersama negara-negara Arab produsen minyak bumi sebelumnya menolak usul Iran untuk melancarkan embargo minyak ke Israel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sikap itu ditunjukkan usai Presiden Iran Ebrahim Raisi menyerukan boikot total ke Israel pada konferensi luar biasa negara-negara Arab dan organisasi kerja sama Islam (OKI) di Riyadh, Saudi.

Sebelumnya, Menteri Investasi Saudi Khalid Al Falih mengatakan kerajaannya masih mempertimbangkan normalisasi dengan Tel Aviv din tengah agresi Israel ke Palestina.

Ia menyampaikan, Saudi bersedia mewujudkan normalisasi dengan Israel jika status Palestina diakui sebagai negara merdeka.

"Ini masih dibicarakan, masih akan dibahas dan jelas kemunduran selama sebulan terakhir menjelaskan kenapa Saudi begitu gencar menjadikan resolusi atas konflik di Palestina merupakan bagian dari kesepakatan normalisasi di Timur Tengah," ucap Al Falih.

Pembicaraan antara Saudi dan Israel menyangkut normalisasi mengalami kemajuan sebelum serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Banner artikel Ceasefirenow

Perdana Menteri sekaligus Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) juga sebelumnya meminta syarat teknologi nuklir dan senjata canggih untuk kerajaannya sebagai imbal balik normalisasi dengan Israel.

Perdana Menteri sekaligus Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) juga sebelumnya meminta syarat teknologi nuklir dan senjata canggih untuk kerajaannya sebagai imbal balik normalisasi dengan Israel.

Para diplomat Saudi pun sepakat bahwa Israel harus setuju dengan pendirian negara Palestina yang sudah dicanangkan melalui Inisiatif Damai Saudi pada 2002 silam.

Khalid sendiri menyatakan alasan tak bisa menggubris seruan Iran untuk melakukan embargo minyak ke Israel.

"Hal itu bukan pembahasannya saat ini. Arab Saudi tengah berupaya mencari solusi melalui diskusi damai," kata Al Falih dalam diskusi Bloomberg New Economy Forum di Singapura pada 8 November lalu, seperti dikutip dari New Arab.

(tim/bac)

Tulisan ini merupakan bagian dari Fokus:

"Sebulan Agresi Israel ke Palestina"

Sebulan perang berlangsung, korban tewas akibat agresi brutal Israel ke Jalur Gaza, Palestina, melebihi jumlah korban meninggal di perang Rusia vs Ukraina dan Tel Aviv belum menunjukkan tanda-tanda gencatan senjata.

Baca Juga

Komentar