Pilihan

Pasuruan Darurat Kekeringan, 22 Desa Krisis Air Bersih - Beritasatu

 Pasuruan Darurat Kekeringan, 22 Desa Krisis Air Bersih

Rabu, 15 November 2023 | 11:38 WIB
Penulis: Zia Ulhaq | Editor: BW
Musim kemarau yang masih melanda wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, membuat pemerintah daerah hingga Kamis 15 November 2023, masih menetapkan status darurat bencana kekeringan. Sebanyak 22 desa mengalami krisis air bersih.
Musim kemarau yang masih melanda wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, membuat pemerintah daerah hingga Kamis 15 November 2023, masih menetapkan status darurat bencana kekeringan. Sebanyak 22 desa mengalami krisis air bersih. (Beritasatu.com / Zia Ulhaq)

Pasuruan, Beritasatu.com - Musim kemarau yang masih melanda wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, membuat pemerintah daerah hingga Kamis (15/11/2023), masih menetapkan status darurat bencana kekeringan. Sebanyak 22 desa mengalami krisis air bersih.

ADVERTISEMENT

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa terdampak bencana kekeringan, dengan menggunakan truk tangki untuk mengisi tandon air dan memberikan langsung ke warga.

Pj Bupati Pasuruan Andriyanto menjelaskan, hingga kini di wilayah Kabupaten Pasuruan ada 22 desa mengalami kekeringan, dampak dari musim kemarau berkepanjangan.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

"Ada 22 desa di Kabupaten Pasuruan yang hingga kini masih alami kekeringan, ini dari musim kemarau masih terjadi," kata Andri.

Andriyanto menyampaikan, hingga saat ini masih menetapkan status tanggap darurat bencana untuk kekeringan. Pasalnya hujan di wilayah Kabupaten Pasuruan belum turun.

Sejauh ini, kondisi kekeringan tak banyak berubah, seperti yang disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Sugeng bahwa ada 22 desa di enam kecamatan yang dilanda krisis air.

Kecamatan itu meliputi Kecamatan Gempol, Winongan, Lumbang, Pasrepan, Lekok, dan Kejayan. Di wilayah Kecamatan Gempol, krisis air mendera Desa Wonosunyo. Di Kecamatan Winongan, krisis air bersih menerpa Desa Jeladri, Kedungrejo dan Sumberejo. Untuk Kecamatan Lumbang, ada Desa Lumbang, Watulumbung, Cukurguling, Karangjati, dan Pancur.

Di Pasrepan, ada Desa Mangguan, Ngantungan, Sibon, Desa Petung, Desa Pasrepan, Klakah dan Sapulante. Di Kecamatan Lekok, kriris air bersih melanda Pasinan, Balunganyar, Semedusari, dan Wates. Lalu, di Kecamatan Kejayan ada Desa Kedungpengaron dan Ambal-Ambil yang menderita krisis air.

BACA JUGA

Sejauh ini, penyaluran air bersih masih dilakukan. Pihaknya mendapat sokongan anggaran dari BNPB untuk penyaluran air bersih tersebut.

"Penyaluran air bersih, masih kami lakukan rutin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Bukan hanya kami. Karena ada support dari instansi lain serta pihak swasta," pungkasnya.
 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek