Pilihan

PUPR Bakal Operasikan Fungsional Beberapa Ruas Tol saat Libur Nataru 2024, Ini Daftarnya - inews

PUPR Bakal Operasikan Fungsional Beberapa Ruas Tol saat Libur Nataru 2024, Ini Daftarnya Ilustrasi jalan tol yang akan dioperasikan fungsional di libur Nataru 2024. (ist)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan beberapa ruas tol yang siap dioperasikan secara fungsional sambut libur musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Berikut daftarnya.

Menteri Basuki menjelaskan ruas tol fungsional tersebut akan dioperasikan di pulau Sumatera dan beberapa ruas di Pulau Jawa untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas yang kerap meningkat saat musim liburan datang.

"Di Pulau Jawa ada beberapa tol yang dapat difungsikan secara Nataru. Kita siapkan fungsional juga di Pulau Sumatera apabila diperlukan saat Nataru nanti," ujar Menteri Basuki dalam Raker bersama Komisi V DPR RI, Selasa (21/11/2023).

Adapun beberapa ruas yang siap beroperasi fungsional di Pulau Jawa adalah Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan seksi 3 Sadang - Kutanegara untuk mendukung kelancaran lalin dari arah Bandung menuju Jakarta. Selanjutnya ada ruas tol Solo - Yogyakarta ruas Kartasura - Karanganom juga siap di fungsionalkan pada musim Nataru 2024.

"Lebaran lalu fungsional Tol Solo - Yogyakarta baru sampai Pakis, tapi pada Nataru ini insyaallah sampai ke Karanganom sepanjang 13 km," kata dia.

Kemudian, di Pulau Sumatera beberapa ruas tol yang siap difungsionalkan pada musim libur Nataru seperti ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat, tol Bangkinang - Tanjung Alai, dan jalan tol Binjai - Langsa seksi Kuala Bingai - Tanjungpura.

Selain ruas tol yang beroperasi secara fungsional, untuk mendukung kelancaran arus Nataru 2024 mendatang juga sudah diselesaikan pelebaran jalan tol atau penambahan satu ruas A dan B di Ruas Tol Cikampek - Palimanan. Sehingga masing ruas saat ini memiliki tiga lajur untuk menampung lonjakan kendaraan saat masuk musim libur.

"Kemudian juga sudah dilakukan pelebaran jalan tol Cikampek - Palimanan untuk mengantisipasi dari Cisumdawu KM 71 - Km 85, akan dapat kita manfaatkan untuk Nataru pada H-10," ucap dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:



KOMENTAR

Artikel Terkait

Naik 143 Persen, Menhub Prediksi 107,63 Juta Orang Bepergian di Libur Nataru 2024

Naik 143 Persen, Menhub Prediksi 107,63 Juta Orang Bepergian di Libur Nataru 2024

Operasi Lilin Berakhir, Polri : Nataru 2023 Aman dan Kondusif

Operasi Lilin Berakhir, Polri : Nataru 2023 Aman dan Kondusif 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek