Pilihan

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Surabaya Rasanya Menggugah Selera - Beritasatu

Rekomendasi 5 Kuliner Khas Surabaya Rasanya Menggugah Selera

Kamis, 9 November 2023 | 15:01 WIB
Penulis: Novie Fauziah | Editor: NF
Rawon setan salah satu kuliner dari Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Sensasi gurih, pedas akan membuat siapa saja dibuat ketagihan saat menyantapnya.
Rawon setan salah satu kuliner dari Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Sensasi gurih, pedas akan membuat siapa saja dibuat ketagihan saat menyantapnya. (Instagram @sbykulinerinfo / Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan, dan terkenal akan destinasi sejarahnya. Selain itu, wisata kuliner khas Surabaya juga menggugah selera.

ADVERTISEMENT

Kota di wilayah Jawa Timur ini terkenal dengan aneka kulinernya yang menggugah selera, gurih dan bercita rasa pedas. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini rekomendasi lima kuliner khas Surabaya bisa Anda coba.

1. Rujak Cingur

Kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Surabaya tanpa mencoba menyantap rujak cingur, yakni salah satu kuliner khasnya Kota Pahlawan tersebut.

ADVERTISEMENT

Penyajian makanan satu ini hampir serupa dengan rujak pada umumnya, yakni terdiri dari aneka sayuran dan disiram bumbu kacang yang gurih. Akan tetapi yang membedakan yaitu terdapat potongan cingur atau hidung sapi sebagai bahan utamanya.

2. Rawon Setan

Rawon setan salah satu kuliner dari Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan. Sensasi gurih, pedas akan membuat siapa saja dibuat ketagihan saat menyantapnya.

Terbuat dari daging sapi, dimasak dengan kuah hitam yang pekat. Para penikmat kuliner, bisa dengan mudah menemukan penjual rawon setan di hampir seluruh wilayah Surabaya.

3. Lontong Balap

Lontong balap juga tak boleh terlewatkan, makanan ini salah satu yang khas. Menariknya lagi, kudapan tersebut jadi hidangan melegenda di Surabaya karena sudah ada sejak 1956.

Terdiri dari tahu, kecambah lalu diberi kuah pedas yang khas dan bawang merah. Salah satu warung yang terkenal adalah lontong balap Garuda Pak Gendut.

4. Sego Sambel

Sego Sambel adalah sebutan lain nasi penyet, yang sebagian besar menunya menggunakan sambal dan lalapan. Meskipun disajikan sederhana, tapi kenikmatannya sudah tidak diragukan lagi.

Lebih nikmatnya lagi, sego sambel makanan ini disantap dengan tambahan sambal terasi, bawang, sambal matang atau sambal tomat mentah.

5. Tahu Campur

Tahu campur juga menjadi salah satu makanan khas Surabaya banyak diburu oleh wisatawan. Meski kuliner ini bisa didapatkan di daerah lain, akan tetapi tahu campur Surabaya berbeda karena menggunakan kuah soto bukan bumbu kacang.

Di dalam satu porsi tahu campur, terdiri dari mie, kubis, tauge, petis, tahu kemudian ditambahkan kuah soto kuali.
 

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek