8 Buah yang Bisa Membersihkan Paru-paru - Beritasatu

8 Buah yang Bisa Membersihkan Paru-paru

Kamis, 7 Desember 2023 | 12:32 WIB
Penulis: Ridho Hatmanto | Editor: ADP
Ilustrasi Buah
Ilustrasi Buah (Freepik)

Jakarta, Beritasatu.com - Paru-paru merupakan organ penting yang perlu dijaga kesehatannya. Terdapat berbagai pemicu yang dapat menyebabkan paru-paru tidak sehat, seperti paparan polusi udara, mikroorganisme, dan faktor lain yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru. 

ADVERTISEMENT

Namun, terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, termasuk buah-buahan.  Penting mengonsumsi buah-buahan, pasalnya, ada beberapa buah yang kandungannya mampu membersihkan paru-paru dan mempertahankan kesehatan pernapasan.

Berikut buah yang bisa membersihkan paru-paru. 

1. Apel
Apel Mengandung antioksidan quercetin, yang terbukti dapat mengurangi penurunan fungsi paru-paru dan kerusakan yang disebabkan oleh merokok.

ADVERTISEMENT

2. Buah beri
Buah ini kaya akan flavonoid dan antosianin, merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mempertahankan fungsi paru-paru dan mengurangi risiko penyakit pernapasan.

BACA JUGA

3. Jeruk bali
Kandungan utama dari buah ini adalah vitamin C. Dalam 100 gram jeruk bali mengandung 60 mg vitamin C dan 40 kalori yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4. Bluberi
Bluberi kaya akan nutrisi dan flavonoid antosianin, yang dapat melambatkan penurunan fungsi paru-paru alami seiring bertambahnya usia.

5. Tomat
Tomat memiliki kandungan antioksidan likopen tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru.

6. Lemon
Meskipun rasanya asam, tetapi lemon berkhasiat membersihkan paru-paru. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

7. Jeruk
Seperti halnya lemon, jeruk juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru.

8. Anggur
Anggur mengandung resveratrol, senyawa antiinflamasi alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru.

Baca Juga

Komentar