Belanda Siap Kirim 18 Jet Tempur F-16 ke Ukraina, Bantu Kiev Lawan Rusia - inews

Belanda Siap Kirim 18 Jet Tempur F-16 ke Ukraina, Bantu Kiev Lawan Rusia Belanda siap mengirimkan 18 jet tempur F-16 ke Ukraina untuk digunakan melawan Rusia. (Foto: Reuters)

AMSTERDAM, iNews.id – Belanda bakal mengirimkan 18 jet tempur F-16 ke Ukraina untuk membantu pertempuran melawan agresi militer Rusia. Hal tersebut diumumkan oleh Pemerintah Belanda pada Jumat (22/12/2023).

“Hari ini saya memberi tahu Presiden Zelensky (Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky) tentang keputusan pemerintah kami untuk menyiapkan 18 pesawat tempur F-16 awal untuk dikirim ke Ukraina,” kata Perdana Menteri sementara Belanda, Mark Rutte, lewat unggahan di platform media sosial X.

“Pengiriman F-16 adalah salah satu elemen terpenting dari perjanjian yang dibuat mengenai dukungan militer untuk Ukraina,” ujarnya.

Menurut dia, pengiriman jet tempur tersebut masih menunggu izin ekspor dari Kementerian Luar Negeri Belanda dan pemenuhan kriteria staf dan infrastruktur di Ukraina. Dia tidak memberikan batas waktu untuk keputusan tersebut. Namun pengumuman tersebut memungkinkan adanya cadangan dana dan sumber daya manusia untuk mempersiapkan pesawat untuk pengiriman.

“Saya berbicara dengan Mark Rutte untuk berterima kasih kepada pemerintah Belanda atas keputusannya untuk mulai mempersiapkan 18 jet tempur F-16 awal untuk dikirim ke Ukraina,” kata Zelensky pada X.

Belanda mengirimkan F-16 pertama buatan AS ke fasilitas pelatihan baru untuk ppara pilot dan staf Ukraina di Rumania bulan lalu. Denmark, Norwegia, dan Belgia juga telah mengumumkan bahwa mereka akan memberikan jet F-16 ke Ukraina, setelah Pemerintah AS menyetujui pengiriman pesawat tempur itu untuk bertahan melawan Rusia, segera setelah pelatihan pilot selesai.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:


Baca Juga

Komentar