Pilihan

KAAN, Jet Tempur Pertama Umat Islam Buatan Turki Segera Terbang Perdana

 

KAAN, Jet Tempur Pertama Umat Islam Buatan Turki Segera Terbang Perdana Jet tempur Turki KAAN segera menjalani uji terbang perdana (Foto: Anadolu)

ANKARA, iNews.id - Jet tempur pertama buatan dalam negeri TurkiKAAN, segera menjalani terbang perdana. Penerbangan perdana KAAN bisa dilakukan dalam beberapa pekan mendatang.

Seorang sumber mengatakan kepada Anadolu, dikutip Rabu (27/12/2023), persiapan untuk uji terbang perdana KAAN dilakukan dengan cepat.

Sejauh ini, KAAN sudah melewati beberapa pengujian, yakni kursi lontar, uji statis full-length, uji statis kendali permukaan, uji roda pendarat, sistem avionik, bahan bakar, dan pengaktifan mesin.

Setelah merampungkan uji darat serta berjalan di darat, kata sumber, KAAN akan melakukan penerbangan perdananya tak lama lagi.

Jet tempur KAAN merupakan proyek pertahanan strategis Turki yang dijalankan oleh Turkish Aerospace Industries (TAI).

KAAN, sebelumnya dikenal dengan TF-X (Turkish Fighter-Experimental), diklaim sebagai jet tempur pertama umat Islam begitu beroperasi. 

"(TF-X) Akan menjadi jet tempur besar pertama umat Islam," kata Bos TAI, Temel Kotil, pada 2020.

Dia juga pernah membocorkan harga KAAN yakni mencapai 100 juta dolar AS atau menembus Rp1,4 triliun per unit. Sebanyak 1.000 dari 4.000 insinyur TAI terlibat dalam pengerjaan KAAN.

TAI memproyeksikan akan memproduksi dua unit KAAN per bulan, berharap menghasilkan pendapatan 2,4 miliar dolar AS setiap tahun dari jet tempurnya itu. 

Perusahaan juga pernah mengundang Malaysia untuk bergabung dalam program pesawat tempur tersebut. Menurut TAI, Indonesia, Pakistan, Bangladesh, dan Kazakhstan juga menjadi negara potensial untuk dijadikan partner atau pemodal dalam program itu.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek