Kiai Marzuki Dicopot dari PWNU Jatim, Apa karena Tolak Dukung Prabowo-Gibran? - Kumparan

 

Kiai Marzuki Dicopot dari PWNU Jatim, Apa karena Tolak Dukung Prabowo-Gibran?

29 Desember 2023 1:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Saifullah Yusuf, atau Gus Ipul usai menghadiri acara Jawa Timur Bershalawat di Jatim Expo, Surabaya, Kamis (28/12/2023). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan
Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Saifullah Yusuf, atau Gus Ipul usai menghadiri acara Jawa Timur Bershalawat di Jatim Expo, Surabaya, Kamis (28/12/2023). Foto: Farusma Okta Verdian/kumparan
icon-kumparanplus
Nikmati gratis baca kumparanPLUS di aplikasi
Klaim
KH Marzuki Mustamar dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur. Belakangan muncul kabar pencopotan itu karena Kiai Marzuki menolak mendukung capres nomor urut 02, Prabowo-Gibran.
Munculnya kabar tersebut bukan tanpa alasan, beredar kabar ada pertemuan PBNU dengan pengurus PCNU dan PWNU Jatim di Surabaya pada Rabu (27/12) lalu.
Terkait hal itu, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf enggan berkomentar. Dia kembali mempertanyakan siapa yang membuat kabar tersebut.
"Yang bicara siapa?," tanya Gus Ipul kepada wartawan usai menghadiri acara Jawa Timur Bersholawat di Jatim Expo, Surabaya, Kamis (28/12).
Wakil Ketua PWNU Jatim KH Abdus Salam Shohib atau Gus Salam sempat mengeluarkan pernyataan ada arahan untuk mendukung Paslon 02.
Gus Ipul kembali tak menjawab secara terang. Dia kembali mempertanyakan apakah Gus Salam ikut atau tidak dalam forum tersebut.
"Ikut gak?," tanya Gus Ipul lagi.
"Kalau enggak ikut saya enggak mau mengomentari. Kalau dia ikut pertemuan itu kan cuma denger-denger ya kita tidak, bisa nanggepin. Kalau dia ikut di situ, dia mendengarkan," bebernya.
Gus Ipul menegaskan bahwa pencopotan Kiai Marzuqi murni permasalahan internal. Tak ada kaitannya dengan unsur politik.
"Pokoknya sekali lagi ini urusan intern ada yang bisa disampaikan ada yang tidak. Kalau soal ganti mengganti di organisasi biasa. Ganti mengganti jangan dianggap sesuatu yang istimewa. Tentu pergantian yang sesuai aturan. Saya ingin ini dimaklumi betul. Ini bukan sesuatu yang besar dan jangan dibesar-besarkan, biasa saja. Ini biasa dalam proses organisasi," tandasnya.
Gus Salam Sebut Pengurus PBNU Arahkan Struktur PCNU ke Paslon 02
Pengurus PBNU menggelar pertemuan bersama pengurus PCNU dan PWNU Jatim di Surabaya pada Rabu (27/12) malam.
Mantan Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam, mendapatkan informasi ada dua poin yang disampaikan pengurus PBNU dalam forum tersebut.
Pertama, terkait dengan pemberitahuan atas pemberhentian Kiai Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jawa Timur.
Kedua, kata Gus Salam, pengurus PBNU diduga mengarahkan struktur PCNU yang menghadiri forum itu untuk mendukung paslon nomor urut 02 capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga

Komentar