Pilihan

Kisah Doni Monardo Selamatkan Cincin SBY, Ini Sebutannya Saat Jadi Komandan Paspampres - CNBC Indonesia

Kisah Doni Monardo Selamatkan Cincin SBY, Ini Sebutannya Saat Jadi Komandan Paspampres

Editor

Senin, 4 Desember 2023 07:40 WIB

  • Doni Monardo saat menjadi DanPaspampres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: Purwanta Budi SulistyaBagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COJakarta - Letnan Jenderal TNI (Purn) Doni Monardo mantan Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, meninggal pada Ahad, 3 Desember 2023. Ia  pernah menjabat antara lain sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) periode 2019-2021, Anggota TGPF Tragedi Kanjuruhan, Komandan Paspampres dan Pangdam Pattimura.

Iklan

Almarhum Doni Monardo akan dimakamkan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin pagi, 4 Desember 2023.  

Baca Juga:

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari mengatakan almarhum Doni Monardo dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman.

psr-kpkvspolisi-medrec

“Jenazah akan dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Irup Wakasad,” kata Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Ahad, 3 Desember 2023.

Kepergian Doni Monardo meninggalkan kenangan banyak orang. Salah satunya Purwanta Budi Sulistya, fotografer yang menjadi bagian Tim IT saat Doni menjabat sebagai Komandan Paspampres dan Pangdam Pattimura.

Baca Juga:

Sulis, begitu ia akrab disapa menuturkan kepada Tempo.co semalam betapa Doni Monardo sangat menghargai anak-anak buahnya. “Selalu memberikan reward kepada anak buahnya yang berprestasi, atau rajin latihan dengan Paspampres negara lain,” katanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dan, sebagai fotografer, Sulis ingat benar ia pernah diminta Doni untuk jangan selalu memtoret dirinya. “jangan saya terus, Mas, utamakan anak buah saya, begitu kata Pak Doni,” katanya, mengenang.

Soal kerap memberikan penghargaan kepada anak buahnya, Sulis menceritakan pada sekitar Februari 2014, saat itu Doni sebagai DanPaspampres di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia ingat benar, itu kunjungan kerja terakhir SBY di Sulawesi. Saat itu, salah seorang anggota Paspampres bilang ke Pak Doni, “Pak, cincin Pak SBY ke mana ya? Tadi waktu mendarat masih ada, sekarang kok nggak  ada setelah Pak SBY bersalaman dengan masyarakat,”

Sulis menceritakan jawaban Doni kepada anggota paspampres itu itu, “Bagus, kamu jeli dan teliti, sampai Jakarta akan saya kasih reward.” Ternyata cincin yang semula dikenakan SBY itu sudah disimpan Doni. Ia cukup kaget ternyata ada anak buahnya yang jeli memperhatikan cincin SBY tadi.

Sulis mengisahkan, sebutan Doni Monardo ketika sebagai Komandan Paspampres. “Setiap Komandan Paspampres punya panggilan masing-masing, semua anggota pasukan dulu memanggilnya Bromo,” kata Sulis.

LAPORAN UTAMA

LAPORAN NASIONAL

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Presiden Jokowi Berduka atas Wafatnya Doni Monardo

15 menit lalu

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Ketua Gugus Tugas Nasional COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo dan Menko PMK Muhadjir Effendy di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu, 10 Juni 2020. Jokowi turut memantau ruang kerja kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang menyimpan peta densitas sebaran kasus virus Corona di Indonesia. ANTARA/POOL/Sigid Kurniawan

Presiden Jokowi menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya eks Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Rekam Jejak Doni Monardo Inisiasi Pembentukan Satgas Covid-19

18 menit lalu

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Ketua BNPB Doni Monardo. ANTARA/Nova Wahyudi

Eks Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meninggal pada Ahad, 3 Desember 2023. Ini rekam jejaknya.

Ganjar Kenang Doni Monardo sebagai Sosok Pekerja Keras dan Pecinta Lingkungan

31 menit lalu

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pesan saat mendatangi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam acara dialog pers, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 30 November 2023. Pada dialognya Ganjar ingin mengedukasi masyarakat untuk memilah berita dari media yang sumbernya dapat dipercaya serta tidak mudah percaya pada berita dari media sosial karena tidak memiliki aturan yang jelas. TEMPO/ Febri Angga Palguna

Ganjar menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Doni Monardo. Ganjar dan Doni sempat berjanji akan mencari bibit pohon di Maluku.

KSAD Maruli Simanjuntak jadi Inspektur Upacara Pemakaman Doni Monardo di TMP Kalibata Hari Ini

41 menit lalu

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak berjalan untuk mengikuti upacara serah terima jabatan dari KSAD lama ke pejabat baru di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Jumat 1 Desember 2023. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak resmi menjabat sebagai KSAD mengantikan pejabat sebelumnya TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat sebagai Panglima TNI. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Saat ini, jenazah Doni Monardo disemayamkan di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur sebelum diantar ke TMP Kalibata.

Jenazah Doni Monardo Dibawa ke Markas Kopassus Sebelum Dimakamkan di TMP Kalibata

1 jam lalu

Iring - iringan kendaraan jenazah Doni Monardo tinggalkan rumah duka menuju Mako Kopassus, Cijantung untuk mengikuti pelepasan secara militer sebelum dikebumikan. TEMPO/Muhammad Iqbal

Jenazah Doni Monardo telah dibawa ke Markas Kopassus untuk upacara militer. Setelah ini, jenazah Doni akan dimakamkan di TMP Kalibata.

Andika Perkasa Menilai Doni Monardo Punya Prestasi Luar Biasa

1 jam lalu

Panglima Tni Jenderal TNI Moeldoko (kiri) usai menyerahkan tongkat komando kepada  Mayjen TNI Andika Perkasa (kanan) disaksikan Mayjen TNI Doni Monardo (tengah) di Mako Paspampres, Tanah Abang II Jakarta, 22 Oktober 2014. Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa, menggantikan Mayjen TNI Doni Monardo menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tempo/Dian Triyuli Handoko

Andika Perkasa menilai Doni Monardo merupakan pribadi yang memiliki prestasi luar biasa.

Doni Monardo sebagai Komandan Paspampres dan Pangdam Pattimura dalam Kenangan Fotografer, Ini Kisahnya

3 jam lalu

Doni Monardo saat menjadi DanPaspampres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto: Purwanta Budi Sulistya

Doni Monardo dalam kenangan seorang fotografer yang mengikuti sepak terjangnya selama menjadi Komandan Paspampres dan Pangdam Pattimura. Ini kisahnya.

Karangan Bunga Banjiri Rumah Duka Doni Monardo, dari Panglima TNI hingga Kepala BBWS Citarum

8 jam lalu

Karangan bunga membanjiri kediaman almarhum Doni Monardo di Jalan Bukit Golf II, Kelurahan Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Minggu 3 Desember 2023. TEMPO/Muhammad Iqbal

Karangan bunga ke rumah Doni Monardo berasal dari berbagai wilayah, bukan hanya dari Tangerang saja, melainkan juga ada yang dari Depok.

Jenazah Doni Monardo Tiba Di Rumah Duka, Airlangga Hartarto: Kami Sangat Kehilangan Sosok yang Baik

10 jam lalu

Mensesneg Pratikno dan Menko Perekonomian Arirlangga Hartarto melayat di rumah duka almarhum Doni Monardo di Tangsel, Ahad, 3 November 2023. Tempo/Muhammad Iqbal

Mensesneg Pratikno mengenang perjuangan eks Kepala BNPB Doni Monardo dalam menangani pandemi Covid-19 .

Doni Monardo Tutup Usia, Jenazah Akan Dimakamkan Secara Militer di TMP Kalibata

12 jam lalu

Rumah duka eks Kepala BNPB Doni Monardo di Jalan Bukit Golf II, Kelurahan Lengkong Karya, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Minggu 3 Desember 2023. (TEMPO/Muhammad Iqbal)

Alhamrhum Doni Monardo dilepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Inspektur Upacara Wakasad Letjen TNI Arif Rahman.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek