Pilihan

Korut Kecam Keputusan AS Veto Resolusi DK PBB soal Gaza: Tak Manusiawi! - inews

  

Korut Kecam Keputusan AS Veto Resolusi DK PBB soal Gaza: Tak Manusiawi! Korea Utara mengecam Amerika Serikat karena mem-veto resolusi Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara (Korut) mengecam Amerika Serikat (AS) karena mem-veto resolusi Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan gencatan senjata kemanusiaan segera di Jalur Gaza, Palestina. Veto tersebut menunjukkan bahwa AS menerapkan standar ganda. 

“Penyalahgunaan hak veto oleh Amerika Serikat untuk melindungi sekutunya yang membantai puluhan ribu warga sipil bukan hanya merupakan manifestasi dari standar ganda yang ilegal dan tidak masuk akal, tapi puncak kejahatan yang tidak manusiawi,” kata Kim Son Gyong, wakil Menteri Luar Negeri Korut bidang Organisasi Internasional, seperti dilaporkan KCNA, Minggu (10/12/2023).

Menurut Kim, AS tak konsisten, melakukan perbuatan yang bertentangan dengan prinsip dengan membiarkan pertempuran terus berlanjut di Gaza.

Kim juga menyinggung pelarangan AS terhadap peluncuran satelit mata-mata Korut baru-baru ini, padahal hal itu tidak merugikan negara lain.

Seperti diketahui AS pada Jumat lalu mem-veto resolusi yang menyerukan gencatan senjata dalam perang antara Israel dengan pejuang di Gaza.

Hasil pemungutan suara menunjukkan, 13 anggota Dewan Keamanan PBB mendukung resolusi itu, hanya AS yang menolak. Sementara Inggris abstain. Dengan begitu, AS menjadi terisolasi secara diplomatis. Rancangan resolusi itu diajukan oleh Uni Emirat Arab (UEA). 

“Kami tidak mendukung seruan resolusi ini untuk gencatan senjata yang tidak berkelanjutan yang hanya akan menjadi benih bagi perang berikutnya,” kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB, Robert Wood.

Sementara itu Utusan Palestina untuk PBB Riyad Mansour mengatakan, keputusan AS mem-veto resolusi itu akan membuat jutaan nyawa warga Palestina berada dalam bahaya. 

Anggota Biro Politik Hamas Ezzat El Reshiq, di kesempatan berbeda, juga mengecam veto AS itu sebagai tindakan yang tidak manusiawi.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek