Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Bertambah Dua Kali Lipat Saat Libur Akhir Tahun - Beritasatu

 

Kunjungan Wisatawan Karimunjawa Bertambah Dua Kali Lipat Saat Libur Akhir Tahun

Sabtu, 30 Desember 2023 | 17:05 WIB
Penulis: Jamaah | Editor: NF
Pelabuhan Penyeberangan Jepara menambah jadwal dua kali lipat, Sabtu (30/12/2023).
Pelabuhan Penyeberangan Jepara menambah jadwal dua kali lipat, Sabtu (30/12/2023). (Beritasatu.com/Jamaah)

Jepara, Beritasatu.com - Jelang pergantian tahun baru 2024, wisatawan mulai berbondong-bondong memilih liburan ke luar daerah, salah satunya adalah di Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Lonjakan wisatawan domestik maupun mancanegara meningkat, membuat Pelabuhan Penyeberangan Jepara menambah jadwal dua kali lipat. 

ADVERTISEMENT

Pantauan Beritasatu.com, suasana ramai wisatawan menjadi pemandangan akhir-akhir ini di penyeberangan Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah. Sehari menjelang malam pergantian Tahun Baru 2024, sejumlah masyarakat berbondong-bondong memilih menikmati liburan Pulau Karimunjawa yang berjarak sekira 48 mil laut dari Jepara. 

Menurut informasi yang dihimpun, peningkatnya jumlah kunjungan wisatawan di Karimunjawa, terjadi sejak libur panjang sebelum perayaan Natal. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara (wisman) juga cukup banyak memilih pergi  berlibur tenang dan sejuknya alam Karimunjawa. 

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara, Febriyanto menjelaskan, jumlah wisatawan dalam sehari meningkat dua kali lipat. Jika biasanya sekitar 400 orang, tetapi kini perhari mencapai 900 orang. Dalam update data wisatawan menyeberang Karimunjawa per Jumat (29/12/2023) tercatat mencapai 6.722 orang. Masih ditambah dengan sekira 900 orang kunjungan pada Sabtu (30/12/2023). 

"Peningkatan per Natal, per hari sekitar 900-an. Jadi kita hitung per maksimum kapasitas kapal kita hitung di kisaran 900. Perhari 400-an di hari biasa," ungkap Febriyanto. 

Lonjakan wisawatan tersebut membuat kapal cepat penyeberangan Jepara-Karimunjawa, jika biasanya melayani satu trip, maka pada momen ini harus bolak-balik dua trip untuk mengakomodir kunjungan. 

BACA JUGA

Diperkirakan lonjakan penyeberangan wisawatan ke Karimunjawa terjadi pada Sabtu (30/12/2023) dan Minggu (31/12/2023). Untuk mengantisipasi lonjakan wisawatan agar tetap aman dalam penyeberangan kapal, Dinas Perhubungan Jepara dan pihak terkait menyiagakan posko siaga di Pelabuhan Penyeberangan Jepara. 

Salah satunya adalah Marco dan Jesica, wisman asal Italia mengaku sengaja memilih Karimunjawa sebagai salah satu kunjungannya dalam mengetahui alam dan budaya di Indonesia. Rencananya di Karimunjawa ia akan Melaka banyak kegiatan, misalnya snorkeling dan diving, karena rasa penasarannya dengan keindahan bawah laut di sana.

"Saya dari Itali Milan, kami mencari tempat dengan pemandangan alam dan tempat untuk mengetahui budaya asli Indonesia. Kami mencari tempat seperti ini yang bisa untuk snorkeling dan diving (menyelam) kami menantikannya di Karimunjawa," jelasnya. 

Hal yang sama juga dikatakan, Esi Suwarsihe, wisawatan asal Bekasi, dia mengaku keindahan alam Karimunjawa yang sudah terkenal menjadi pilihan wisata akhir tahunnya. Ia berencana akan mengeksplor Karimunjawa selama 3 hari 2 malam.

"Mumpung panjang jadi kita luangkan waktunya untuk liburan. Rencananya (menginap) 3 hari 2 malam," katanya. 

Baca Juga

Komentar