Mahfud Ungkap Tiga Strategi Genjot Ekspor Indonesia - CNN Indonesia

Mahfud Ungkap Tiga Strategi Genjot Ekspor Indonesia

CNN Indonesia
Jumat, 22 Des 2023 21:02 WIB
Ada tiga strategi yang diungkap Mahfud dalam debat cawapres untuk menggenjot ekspor Indonesia: diplomasi, integrasi perdagangan, dan penguatan ekonomi nasional.
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (CNN Indonesia/Adi Ibrahim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengungkapkan tiga strategi yang akan dilakukan pihaknya bila terpilih dalam Pilpres 2024 untuk menggenjot pencapaian ekspor Indonesia.

Pasangan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo itu menjelaskan strategi pertama yang akan dilakukan yaitu mengutamakan diplomasi ekonomi. Ia menjelaskan diplomasi itu akan dilakukan duta-duta besar Indonesia yang bertugas di negara-negara sahabat.

"Pertama, mengutamakan diplomasi ekonomi, sehingga para duta besar yang ada di luar negeri itu, menurut Pak Jokowi [Presiden RI Joko Widodo] pada saat awal kami dilantik [dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024], duta besar itu adalah duta ekonomi. Optimalkan diplomasi dengan negara-negara lain," ujar Mahfud dalam Debat Cawapres di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12) malam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mahfud menjelaskan strategi kedua yakni mengintegrasikan perdagangan nasional untuk perdagangan global. Menurut Mahfud, integrasi itu penting supaya perdagangan nasional dapat memenuhi standar internasional.

Strategi ketiga yang akan dilakukan Ganjar-Mahfud yaitu mengutamakan penguatan ekonomi nasional. Mahfud MD mengatakan ekonomi nasional penting dikuatkan karena akan mendukung kinerja ekspor Indonesia.

"Kedua, kami juga akan melakukan perdagangan untuk mengintegrasikan perdagangan nasional kita ke perdagangan global, sehingga memenuhi standar-standar internasional," ujar Mahfud MD.

"Kemudian, kami akan mengutamakan penguatan ekonomi nasional. Agar ekonomi nasional itu juga bisa tumbuh ke dalam, sehingga nantinya masuk strategi kedua tadi, bahwa kualitas barang dagangan kita bisa diterima di luar negeri dan produktif," sambung pria yang juga dikenal sebagai Menko Polhukam saat ini.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12). Debat diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB dengan melibatkan para calon wakil presiden.

Tiga kontestan yang beradu gagasan antara lain Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema debat cawapres 22 Desember 2023 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Segmen 1 penyampaikan misi masing-masing cawapres. Setiap calon dapat saling sanggah di segmen 2, 3, 4, dan 5. Pada segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.

CNN Indonesia dan Trans Corp menjadi penyelenggara debat cawapres atau debat kedua Pilpres. Saksikan debat cawapres pada 22 Desember di CNN Indonesia TV, dan simak pemberitaan serta live streaming debat di CNNIndonesia.com.
(frl/kid)

Baca Juga

Komentar