Pilihan

Pemerintah Indonesia dan ADB Sepakat Pensiunkan Dini PLTU - inews

Pemerintah Indonesia dan ADB Sepakat Pensiunkan Dini PLTU Pensiun dini PLTU telah disepakati pemerintah Indonesia dengan Asian Development Bank (ADB). (Foto: dok iNews)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia dan Asian Development Bank (ADB) menyepakati komitmen melakukan pensiun dini (Early Retirement) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). 

Kesepakatan ini ditegaskan melalui penandatanganan MoU mengenai Penyelarasan Mekanisme Transisi Energi atau Energy Transition Mechanism (ETM) antara Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu, dan Director General and Group Chief Sector Group ADB, Ramesh Subramaniam. 

Penandatanganan MoU yang berlangsung di sela kegiatan COP28 di Dubai, Selasa (5/12/2013), disaksikan langsung Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, dan Presiden ADB Masatsugu Asakawa.

"MoU ini menjadi milestone kolaborasi dengan ADB melalui ETM dan support dari berbagai donor melalui JETP (Just Energy Transition Partership) yang akan dimulai dengan pensiun dini PLTU di Indonesia," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi di Jakarta.

Agus mengungkapkan, secara umum MoU tersebut bertujuan untuk mendukung inisiatif dekarbonisasi di Indonesia, khususnya dengan tujuan utama untuk memastikan pengurangan emisi lebih awal, dan dekomisioning atau pengalihgunaan, dari PLTU di Indonesia melalui pengaturan ETM.

ETM adalah program pembiayaan ADB untuk mengakselerasi transisi energi berkelanjutan dari energi fosil ke energi bersih, yang dikolaborasikan bersama dengan pemerintah negara-negara, investor swasta, dan filantropi. 

ETM saat ini sedang dijalankan di lima negara, yaitu, Indonesia, Vietnam, Filipina, Pakistan, dan Kazakhstan. Program ETM ADB di Indonesia terbilang yang paling ambisius dan progresif.  

Sebelumnya, Menteri ESDM, Arifin Tasrif, juga telah menjelaskan bahwa pemerintah sudah mempersiapkan rencana pensiun dini PLTU lainnya dengan total kapasitas 4,8 gigawatt (GW) pada 2023. Pendanaan dilakukan melalui JETP.

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:



KOMENTAR
Berita di Sekitarmu
info icon
Kumpulan berita berdasarkan lokasimu
icon close red
Background Geolocation
News Update
Pemerintah Indonesia dan ADB Sepakat Pensiunkan Dini PLTU

Pemerintah Indonesia dan ADB Sepakat Pensiunkan Dini PLTU

Selasa, 05 Desember 2023 - 20:44:00 WIB | Bisnis
Sukses Gelar UMKM Day, Alfamart bersama Unpad Berikan Inkubasi untuk Mitra Binaan

Sukses Gelar UMKM Day, Alfamart bersama Unpad Berikan Inkubasi untuk Mitra Binaan

Selasa, 05 Desember 2023 - 20:39:00 WIB | Bisnis

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek