Pilihan

Pemprov Papua Sesalkan Insiden Kericuhan Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe di Sentani - Beritasatu

Pemprov Papua Sesalkan Insiden Kericuhan Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe di Sentani


Kamis, 28 Desember 2023 | 12:00 WIB
Penulis: Thomas Rizal | Editor: RZL
Pemerintah Provinsi Papua menyesalkan insiden kericuhan yang terjadi saat arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Sentani, Kamis, 28 Desember 2023.
Pemerintah Provinsi Papua menyesalkan insiden kericuhan yang terjadi saat arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Sentani, Kamis, 28 Desember 2023. (Antara/Amatir Warga)

Jayapura, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Papua menyesalkan insiden kericuhan yang terjadi saat arak-arakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Sentani, Kamis (28/12/2023). Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua, Yohanes Walilo, menyoroti bahwa insiden tersebut seharusnya tidak terjadi, mengingat situasi belasungkawa atas kepergian mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

ADVERTISEMENT

"Insiden kecil terjadi di luar dari tanggung jawab kami,” kata Walilo, dikutip dari Antara.

BERITASATU WA CHANNEL

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Walilo berpesan agar tidak ada lagi kericuhan selama prosesi pengantaran jenazah ke Koya Tengah, Kota Jayapura. Walilo warga Papua mengikuti adat dan budaya untuk menghargai pihak yang tengah berduka.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

“Kita sebagai orang adat, orang Papua menjunjung tinggi nilai-nilai dan budaya Papua dengan menghargai satu sama lain apalagi di tengah-tengah kedukaan seperti ini,” katanya.

Ia mengajak untuk mengubah perilaku menjadi gambaran toleransi di Indonesia, tanpa adanya stigma atau prasangka negatif terhadap orang Papua.

Walilo menambahkan bahwa meskipun insiden sudah terjadi, penting untuk tetap menjaga kedamaian saat jenazah Lukas Enembe diantar ke Kota Jayapura. Upaya menjaga nama baik, menghormati karya yang telah dilakukan almarhum, dan menghindari tindakan yang dapat mencoreng reputasinya.

BACA JUGA

"Harus menjaganya dan menghormatinya untuk tidak melakukan aksi yang dapat mencoreng nama baiknya dan keluarganya,” ujarnya.

Rombongan jenazah dikabarkan sudah bergerak dari Stakin Sentani menuju Koya Tengah, Muara Tami, Kota Jayapura, Papua pada Kamis (28/12/2023). Rencananya, Lukas Enembe akan dimakamkan pada sore hari.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek