Penderita Diabetes Wajib Waspadai Retinopati Diabetik - Beritasatu

Penderita Diabetes Wajib Waspadai Retinopati Diabetik

Selasa, 5 Desember 2023 | 11:58 WIB
Penulis: Antara | Editor: NF
Ilustrasi mencegah diabetes
Ilustrasi mencegah diabetes (Pexels)

Jakarta, Beritasatu.com - Retinopati diabetik umumnya bisa terjadi pada penderita diabetes yang tidak menjaga kondisinya dengan baik serta memiliki penyakit penyerta, seperti kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kerap mengalami hiperglikemia.

ADVERTISEMENT

Dokter spesialis mata, dr Sesaria Rizky Kumalasari Sp M mengatakan, mulanya gejala awal retinopati diabetik tidak memperlihatkan kondisi yang memprihatinkan. Gejala yang dimaksud, seperti penglihatan kabur, bintik-bintik mengapung, perubahan penglihatan warna, hingga kehilangan penglihatan akan dirasakan ketika retinopati diabetik berada pada tahap yang lebih parah.

"Karenanya, pemeriksaan foto fundus mata setiap tahun penting dilakukan oleh penyandang diabetes untuk mengidentifikasi retinopati diabetik pada tahap awal,” kata dia dikutip dari Antara, Selasa (5/12/2023). 

Ia menjelaskan, retinopati diabetik merupakan penyakit komplikasi yang bisa dialami penyandang diabetes tipe 1 maupun 2. Hal itu disebabkan karena pembuluh darah yang terganggu di retina mata, akibat kadar gula darah tinggi.

ADVERTISEMENT

Oleh karena itu, demi terhindar atau mencegah komplikasi, termasuk retinopati diabetik, pasien diabetes disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh secara rutin seperti kadar gula darah, fungsi ginjal dan pemantauan kondisi kaki. Untuk kaki, pasien bisa menjalani pemeriksaan USG doppler apabila terasa nyeri pada kaki, demi mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut atau penyakit kaki diabetes yang dapat berujung pada amputasi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan, orang sehat berusia 18-64 tahun untuk melakukan aktivitas fisik dengan durasi 150 menit per minggu. Hal ini juga berlaku bagi para penyandang diabetes.

Baca Juga

Komentar