Pilihan

Peristiwa Sejarah 26 Desember, Tsunami Aceh dan Kapal Onrust Belanda Ditenggelamkan Pejuang Banjar - inews

 Peristiwa Sejarah 26 Desember, Tsunami Aceh dan Kapal Onrust Belanda Ditenggelamkan Pejuang Banjar

Peristiwa Sejarah 26 Desember, Tsunami Aceh dan Kapal Onrust Belanda Ditenggelamkan Pejuang BanjarSuasana pascagempa dan tsunami di Aceh, 19 tahun silam. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Beragam peristiwa sejarah terjadi pada 26 Desember. Mulai dari kapal Onrust Belanda yang ditenggelamkan para pejuang nusantara dalam Perang Banjar hingga peristiwa gempa dan tsunami yang melanda Aceh

Berikut lima peristiwa sejarah pada 26 Desember: 

26 Desember 1859: Kapal Onrust Milik Belanda Ditenggelamkan dalam Perang Banjar 

Kapal Onrust milik Belanda berhasil ditenggelamkan oleh laskar pejuang Tumenggung Surapati yang merupakan pengikut Pangeran Antasari pada 26 Desember 1859. Peristiwa itu terjadi dalam Perang Banjar atau Perang Barito di Sungai Barito, Kabupaten Barito Utara. Kapal ini tenggelam sekitar 3 km dari Kota Muara Teweh, Kalimantan Selatan dan merupakan salah satu peristiwa penting yang menjadi simbol kuat perlawanan Indonesia atas penjajah Belanda. Kapal Onrust merupakan kapal asli buatan Belanda yang dibuat di pabrik di Kota Feyenoord pada September 1845. Setelahnya, kapal ini diserahkan ke Angkatan Laut Belanda. 

26 Desember 1805: Penandatanganan Perjanjian Pressburg 

Perjanjian Pressburg atau Perdamaian Pressburg antara Napoleon dan Franz II ditandatangani pada 26 Desember 1805. Franz II merupakan seorang bangsawan Jerman dari Dinasti Habsburg-Lothringen yang memimpin Kekaisaran Romawi Suci pada tahun 1792-1806. Perjanjian itu muncul sebagai konsekuensi kekalahan Austria oleh Prancis di Ulm pada 25 September hingga 20 Oktober dan di Austerlitz pada 2 Desember. Selain itu, Austria juga setuju membayar ganti rugi senilai 40 juta franc emas. Sebaliknya, Napoleon mengizinkan Austria untuk menguasai Salzburg, Berchtesgaden, dan perkebunan Ordo Teutonik. 

26 Desember 1999: Badai Lothar Melanda Eropa 

Badai Lothar melanda negara-negara di Eropa, seperti Swiss, Prancis, dan Jerman pada 26 Desember 1999. Badai tersebut bermula dari munculnya gelombang frontal di Atlantik Barat, sehari sebelumnya. Gelombang dahsyat itu melintas dengan kecepatan melebihi 120 km per jam. Akibat peristiwa tersebut, 140 orang dilaporkan tewas dan ratusan juta meter hutan hancur. Kerugian yang diakibatkan oleh badai Lothar itu disebut mencapai EUR15 miliar. 

26 Desember 2012: Pembukaan Jalur Kereta Api Terpanjang di China 

Pemerintah China meresmikan jalur kereta api Beijing-Guangzhou pada 26 Desember 2012. Jalur ini menjadi jalur terpanjang yang pernah ada di China. Jalur dengan panjang 2.296 km ini memiliki 35 pemberhentian dan melintasi kota-kota seperti Changsha dan Wuhan. Sebelumnya, perjalanan dari Beijing-Guangzhou (dan sebaliknya) membutuhkan waktu 22 jam. Dengan adanya jalur ini, masyarakat dapat menempuhnya dengan waktu kurang dari 10 jam. 

26 Desember 2004: Gempa dan Tsunami Aceh 

Aceh mengalami sebuah bencana dahsyat dan sangat mematikan pada 26 Desember 2004. Gempa bumi disertai tsunami menghancurkan wilayah tersebut dan menyebabkan ratusan ribu orang tewas. Sebelum gelombang tsunami menghantam, Aceh terlebih dahulu diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 9,3. Setelahnya, gelombang tsunami setinggi 30 sampai 50 meter menerjang. Saking mematikannya, gempa dan tsunami Aceh menjadi bencana terbesar sepanjang abad ke-21.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

banner-litigasi
Kirimkan pertanyaanmu seputar hukum, Kami siap menjawab dan membantu permasalahanmu.
kirim
Bagikan Artikel:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek