Rekomendasi 7 Kuliner Yogyakarta untuk Liburan Natal dan Tahun Baru - Beritasatu

 

Rekomendasi 7 Kuliner Yogyakarta untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Selasa, 26 Desember 2023 | 07:29 WIB
Penulis: Chandra Adi Nurwidya | Editor: WBP
Gudeg
Gudeg (Istimewa)

Yogyakarta, Beritasatu.com Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, terutama bagi para pecinta kuliner. Kota ini menawarkan berbagai macam aneka makanan khas yang menggugah selera. 

ADVERTISEMENT

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Yogyakarta pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner yang wajib dicoba.

BERITASATU WA CHANNEL

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

1. Soto Bathok Mbah Katro
Soto Bathok Mbah Katro merupakan salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Soto ini disajikan dalam mangkuk dari batok kelapa, sehingga menambah cita rasa yang khas. Soto Bathok Mbah Katro terdiri dari nasi, suwiran ayam kampung, taoge, kol, dan kuah kaldu yang gurih.

Alamat: Sambisari, Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

ADVERTISEMENT

2. Mangut Lele Mbah Marto
Mangut lele merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang sangat populer. Mangut lele Mbah Marto salah satu yang paling banyak diburu. Mangut lele di sini memiliki cita rasa gurih dan pedas, dengan tekstur lele empuk dan bumbu meresap.

Alamat: Jl. Sewon Indah, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188

3. Gudeg Yu Djum
Gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta yang wajib Anda coba. Gudeg Yu Djum merupakan salah satu warung gudeg paling terkenal di Yogyakarta. Gudeg di sini memiliki cita rasa manis dan gurih, dengan tekstur nangka lembut.

Alamat: Jl. Wijilan No.167, Wijilan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161

BACA JUGA

4. Nasi Goreng Pak Pele
Nasi goreng merupakan kuliner yang disukai berbagai kalangan, termasuk wisatawan. Nasi Goreng Pak Pele merupakan salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta yang ada sejak 1970-an dan masih dikelola oleh generasi kedua. Pernah didatangi keluarga Presiden Jokowi, warung nasi goreng ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Alamat: Jalan Alun-Alun Utara No. 34, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta yang wajib Anda coba. Sate ini terbuat dari daging kambing yang ditusuk dengan jeruji sepeda, kemudian dibakar di atas bara arang. Sate Klathak Pak Pong memiliki cita rasa gurih dan lezat, dengan tekstur daging empuk dan bumbu meresap.

Alamat : l. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791

7. Bakpia Pathok 75
Bakpia merupakan salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib Anda beli. Bakpia Pathok 75 merupakan salah satu toko bakpia paling terkenal di yang memiliki cita rasa manis dan gurih, dengan tekstur kulit lembut dan isian lumer di mulut.

Alamat: Jl. KS Tuban No. 75, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain kuliner-kuliner di atas, masih banyak lagi kuliner khas Yogyakarta yang patut Anda coba. Anda bisa menyesuaikan pilihan kuliner dengan selera Anda masing-masing. Selamat berlibur dan berwisata kuliner di Yogyakarta!

Baca Juga

Komentar